PKS Jateng Kirim Ratusan Sukarelawan ke Lombok

Sukarelawan PKS Jawa Tengah apel siaga sebelum diterjunkan membantu penanganan bencana Lombok di Nusa Tenggara Barat, Selasa (7/8 - 2018). (Antara/Wisnu Adhi)
08 Agustus 2018 05:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah (Jateng) mengerahkan ratusan sukarelawan untuk membantu penanganan bencana alam gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ratusan sukarelawan yang kami kirim ke Lombok secara bertahap ini memiliki keahlian khusus di bidang medis dan rescue," terang Ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga DPW PKS Jateng, Amir Darmanto seusai memimpin Apel Siaga Sukarelawan PKS Jateng untuk Gempa Lombok di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (7/8/2018).

Tokopedia

Ia menjelaskan sesampai di lokasi bencana, para sukarelawan yang juga kader PKS Jateng itu akan langsung bergabung dengan sukarelawan di posko bencana setempat untuk secara khusus melakukan pemetaan. Menurut dia, pemetaan bersama sukarelawan PKS dari berbagai daerah itu perlu dilakukan mengingat luasnya wilayah di NTB yang terdampak bencana alam gempa bumi itu.

"Kami berencana melakukan pertukaran minimal tiap dua minggu sekali bagi 40-50 sukarelawan yang berada di lokasi bencana agar ratusan sukarelawan PKS yang mengantre bisa diberangkatkan semua," ujarnya.

Selain menerjunkan ratusan sukarelawan, DPW PKS Jateng juga mengirimkan bantuan logistik berupa makanan siap saji, obat-obatan, selimut, tenda, dan terpal guna meringankan beban para korban gempa di Lombok. "Kami di sana juga akan membantu pada dapur umum dan menghilangkan trauma psikologis para korban gempa," katanya.

Seperti ramai diwartakan sebelumnya, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 7 skala Richter di Lombok Utara, NTB, Minggu (5/8/2018) malam. Gempa bumi yang berpusat di 8.37 lintang selatan dan 116.48 bujur timur pada kedalaman 15 km itu mengakibatkan puluhan orang meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara