Antisipasi Bencana, Pemkab Batang Siapkan Rp1 M

Wakil Bupati Batang Suyono memberikan arahan kepada para sukarelawan daerah setempat, Kamis (9/8 - 2018). (Antara)
10 Agustus 2018 01:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah menyiapkan anggaran penaggulangan bencana di daerah setempat sebesar Rp1 miliar. "Selain itu, apabila dana tersebut dipandang masih kurang maka kami juga menyiapkan dana tak terduga untuk penanganan bencana," ungkap Wakil Bupati Suyono di Batang, Kamis (9/8/2018).

Menurut dia, memasuki musim kemarau 2018, wilayah Batang termasuk rawan bencana sehingga masyarakat harus ikut peduli dalam penanganan bencana di lingkungan masing-masing. "Meski saat ini, kondisi wilayah di Batang masih aman tetapi kami berharap pada masyarakat harus bisa menjadikan dirinya sebagai relawan dan masyarakat tangguh bencana," tambahnya.

Ia menyebutkan pemkab melalui badan penaggulangan bencana daerah (BPBD) terus melakukan pelatihan evakuasi dan penanganan pengungsi pada relawan baik pada tingkat kecamatan maupun desa. Pelatihan pada relawan tersebut, terangnya bertujuan untuk penguatan penanggulangan bencana agar setiap individu dan warga mampu menyelamatkan dirinya apabila terjadi bencana.

Ia mengatakan saat ini pemkab masih kekurangan alat pendeteksi dini bencana dan peralatan serta perlengkapan unit penanganan bencana seperti gempa, kebakaran, banjir, dan tanah longsor. "Oleh karena, ke depan kami akan memprioritaskan penyediaan alat pendeteksi dini bencana karena wilayah Batang juga memiliki potensi bencana," tambahnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara