Pembina Dekranasda Dituntut Kreatif Lakukan Pembinaan

Kerajinan seprai lukis menjadi salah satu andalan sektor ekonomi kreatif Kabupaten Batang, Jateng. (Antara/Harviyan Perdana Putra)
10 Agustus 2018 16:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Para pembina Dewan Kerajinan Nasional Daerah tingkat kabupaten dan kota di Jawa Tengah dituntut inovatif dan kreatif dalam melakukan pembinaan sehingga pengrajin semakin sejahtera dan berdaya saing. "Untuk mewujudkan itu, semua mesti bahu membahu dan bekerja keras," pinta Wakil Ketua Harian Dekranasda Jawa Tengah Rini Sri Puryono di Kota Semarang, Jateng, Kamis (9/8/2018).

Ia mengingatkan Dekranasda berfungsi sebagai wadah bagi pembinaan seni kerajinan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pengrajin. Selain itu juga meningkatkan promosi dan publikasi produk kerajinan melalui media massa, gerai produk industri kecil menengah (IKM), memfasilitasi kegiatan penunjang promosi, serta memasarkan produk pengrajin pada pameran dalam maupun luar negeri.

Menurut dia, yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan pengelolaan manajemen bagi pengrajin, serta membantu memfasilitasi dalam mengakses pembiayaan. Dekranasda, kata dia, juga bisa memberikan usulan fasilitasi regulasi dan kebijakan pemerintah yang berpihak pada pengrajin.

"Banyak produk kerajinan dari Jateng terutama yang berbahan batik, di mana setiap kabupaten/kota memiliki produk batik dengan bentuk yang beragam, mulai dari tas, sepatu. Kalau potensinya sudah ada, maka kualitas, kuantitas, dan kontinuitasnya harus ditingkatkan, sehingga bisa lebih berdaya saing. Dekranasda harus bisa membantu," ujarnya.

Dekranasda Jateng juga menekankan pada upaya fasilitasi promosi, terutama bagi pengrajin kecil yang memiliki keterbatasan modal sehingga usaha dilakukan bisa berkembang lebih besar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara