UMKM Makanan Paling Menonjol di Jateng

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Jawa Tengah Ema Rachmawati. (Antara/Aris Wasita)
10 Agustus 2018 18:50 WIB Lucky Leonard Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah hingga semester I-2018 diperkirakan mencapai 4,8 juta unit. Pelaku usaha di bidang makanan ditengarai memiliki pertumbuhan yang paling menonjol.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jateng, Ema Rachmawati, mengatakan pihaknya masih menunggu rilis resmi dari badan pusat statistik (BPS). Dari jumlah tersebut sebanyak 98% diperkirakan berasal dari usaha mikro.

Tokopedia

"Kami masih menunggu rilis resmi dari BPS. Kalau dari jumlahnya kurang lebih sekitar 4,8 juta," katanya kepada Bisnis, Kamis (9/8/2018).

Ema menyatakan bidang usaha boga atau makanan memiliki pertumbuhan yang paling menonjol. Pihaknya pun mendorong agar usaha-usaha mikro yang bergerak di bidang tersebut untuk terus mengembangkan bisnisnya, sehingga bisa memasarkan produknya ke luar Jateng.

Selain itu, berkembangnya UMKN di Jateng diyakini bakal berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. Menurutnya, hal tersebut cukup efektif untuk mengurangi angka kemiskinan di Jateng.

"Targetnya Pak Gubernur [Ganjar Pranowo] kan penanggulangan kemiskinan bisa melalui startup. Saya melihat itu cukup efektif," tuturnya.

Ema mengungkapkan tahun ini pihaknya sudah bisa melatih sekitar 1.250 orang untuk memulai usaha di Jateng. Dia berharap jumlah tersebut bisa terus meningkat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya