Jateng Disumbang 22 Sapi dari Malaysia

Ilustrasi sapi kurban. (dok. Solopos)
11 Agustus 2018 23:40 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Menjelang perayaan Iduladha 1439 Hijriah yang jatuh pada Rabu (22/8/2018), masyarakat Jawa Tengah (Jateng) mendapat sumbangan 22 ekor sapi dari keluarga Yayasan Raja Sakti At Thomim Sunan Kalijaga yang ada di Kelantan, Malaysia.

Pengelola Yayasan Raja Sakti At Thomim Sunan Kalijaga, Yang Mulia Raja Muhammad Amin, melalui perwakilan, Mohamad Sahrulnizam M.R., menjelaskan sumbangan 22 ekor sapi itu, empat ekor di antaranya disalurkan melalui Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Sedangkan, 18 ekor sapi lainnya disumbangkan untuk yayasan tersebut yang berada di Kabupaten Demak.

“Kami turut menyumbang empat ekor sapi untuk disalurkan oleh gubernur. Kemudian 18 ekor sapi akan kami sumbangkan di Kabupaten Demak,” terang Mohamad Sahrulnizam seperti dikutip dari laman Internet resmi Pemprov Jateng, Sabtu (11/8/2018).

Sahrulnizam menjelaskan Yayasan Raja Sakti At Thomim akan merayakan Iduladha 1439 Hijriyah di Komplek Makam Sunan Kalijaga. Yayasan tersebut juga rutin membagikan makanan gratis di masjid-masjid Demak setiap Jumat dan memberikan santunan kepada anak yatim. Kegiatan-kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk mempererat jalinan silaturahmi antara warga Kelantan, Malaysia dengan masyarakat Demak.

“Ini upaya kami untuk menyambungkan silaturahmi dengan saudara serumpun. Karena leluhur kami juga memiliki ikatan saudara yang kuat dengan leluhur di Demak dan beberapa tokoh di Indonesia,” imbuh Sahrulnizam.

Gubernur Jateng senang atas kegiatan sosial yang dilakukan Yayasan Raja Sakti At Thomim Sunan Kalijaga, Malaysia di wilayahnya. Selain untuk mempererat silaturahmi, kegiatan social itu juga sangat membantu warga setempat.

“Mereka membuat event di Demak, menyantuni anak yatim dan setiap Jumat membagikan makanan. Ini tentu menggembirakan, di samping persahabatan antara Kelantan dengan Jawa Tengah bisa membuka ruang komunikasi yang lebih banyak lagi,” jelasnya.

Ganjar juga menyampaikan terima kasih atas sumbangan sapi yang diberikan oleh Yayasan Raja Sakti At Thomim Sunan Kalijaga, Malaysia. Dia menitipkan salam kepada Yang Mulia Datu Tuan Raja Azhar Bin Yang Mulia Datu Raja Wahab.