PDIP Jateng Incar 40 Kursi DPRD Pemilu 2019

Seorang warga memasukkan surat suara. (Antara/Yahanan Sulam)
14 Agustus 2018 14:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PDI Perjuangan menargetkan perolehan 40 kursi DPRD Jateng dalam pemilu 2019 mendatang. Optimisme tersebut muncul mengingat saat ini Jawa Tengah merupakan kandang banteng yang sulit untuk tergoyahkan.

Politikus PDIP sekaligus Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi mengatakan pihaknya optimistis PDIP akan memenangkan pemilu legislatif di Jawa Tengah. Pasalnya, PDIP merupakan partai pemenang dalam Pemilu 2014 lalu.

"Kami dari PDIP optimis menang dalam Pileg 2019 nanti, karena tradisi di Jawa Tengah, PDIP selalu menang dalam pileg dan mendapatkan banyak jatah kursi di DPRD Jateng," tegas Rukma, Senin (13/8/2018).

Dikatakan Rukma, daerah Solo Raya merupakan kekuatan terbesar PDIP dalam mendulang banyak suara untuk memenangi Pemilu 2019 nanti. Menurutnya, Boyolali dan Solo merupakan daerah paling kuat dalam menyumbangkan suara untuk PDIP.

Kendati demikian, ujar Rukma, tidak menutup kemungkinan beberapa daerah lain dapat menyumbangkan suara yang cukup banyak untuk PDIP. Ditambah lagi dengan Jateng sebagai kandang banteng tentunya sulit untuk meruntuhkan dominasi PDIP di Jateng.

"Kawasan Solo Raya diharapkan akan menyumbangkan suara yang cukup besar dalam pileg mendatang. Saya optimis 30% kursi di DPRD akan diduduki oleh politisi PDIP," ujarnya.

Selain itu lanjut dia, pencalonan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai capres dan cawapres pada Pilpres 2019 nanti juga akan mendongkrak perolehan suara PDIP di Jateng. Pasalnya, pengaruh Jokowi sangat terasa untuk masyarakat Jateng.

"Terpilihnya Jokowi sebagai calon presiden Republik Indonesia akan berpengaruh dalam gelaran pileg di Jateng, karena efek yang ditimbulkan akan mengugah masyarakat untuk memilih caleg PDIP untuk menduduki kursi DPRD Jateng nanti," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : b