Marching Band SMP Negeri 1 Semarang Diundang Tampil di Istana Negara?

Anggota Marching Band Gita Bahana Smepsa dari SMP Negeri 1 Semarang menyalami Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Kota Semarang, Senin (13/8 - 2018). (Antara/Wawali Semarang)
14 Agustus 2018 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kelompok marching band pelajar asal Semarang bakal tampil di Istana Kepresidenan jakarta demi memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 Republik Indonesia. Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menginginkan kelompok seni pertunjukan asal kotanya itu tampil di Istana Negara yang menghadap Jl. Veteran, Jakarta.

Pelepasan Kelompok Marching Band Gita Bahana Smepsa dari SMP Negeri 1 Semarang itu dilakukan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di Kota Semarang, Senin (13/8/2018). Setidaknya, ada 106 orang dari kelompok marching band tersebut yang diberangkatkan ke Jakarta guna mempersiapkan penampilannya pada puncak peringatan Hari Kemerdekaan di Jakarta.

Ita—sapaan akrab Hevearita—menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas terpilihnya kelompok marching band dari SMPN 1 Semarang itu untuk menampilkan kebolehan di Istana Kepresidenan Jakarta. Istana Kepresidenan Jakarta adalah kompleks istana di antara Jl. Medan Merdeka Barat dan Jl. Veteran yang melingkupi Istana Merdeka, Wisma Negara, Istana Negara, dan Bina Graha.

"Saya atas nama Pemerintah Kota Semarang mengucapkan selamat dan sukses, tetap semangat. Ini catatan emas bagi kalian karena prestasi semacam ini tidaklah mudah dicapai," kata Ita.

Di hadapan para siswa anggota kelompok marching band, ia sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Antara menyatakan penampilan kelompok marching band tersebut membawa nama baik sekolah, yakni SMPN 1 Semarang, sekaligus Kota Semarang. "Saya berharap semoga prestasi marching band SMPN 1 bisa terus jaya. Penampilan kalian nanti disaksikan Presiden dan para pejabat tinggi negara. Ini sangat membanggakan," katanya.

Prestasi yang diraih marching band SMPN 1 Semarang dengan tampil di Istana Negara, lanjut Ita sebagaimana dikutip Antara, diharapkan bisa menjadi pendorong bagi sekolah-sekolah lainnya untuk terpacu berprestasi. Kecil kemungkinan sebuah kelompok marching band tampil di seputaran Istana Negara. Dalam kondisi normal, marching band lazim dipergelarkan di depan Istana Merdeka.

"Prestasi ini tentunya tidak didapatkan secara instan, melainkan harus berlatih secara rutin, dengan ketekunan, dan kedisiplinan yang kuat hingga bisa tampil di Istana Negara," tegas Ita yang yakin bahwa marching band asal kotanya bakal tampil di bagian Istana Kepresidenan Jakarta yang menghadap Jl. Veteran itu.

Kepala SMPN 1 Semarang Nining Sulistyaningsih menjelaskan kelompok marching band sekolah itu memang kerap meraih juara pada berbagai kompetisi, baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional. "Raihan prestasi ini didapatkan sejak 2015 hingga sekarang. Makanya, Marching Band Gita Bahana Smepsa ini menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler unggulan SMPN 1 Semarang," katanya.

Senada, Ketua Pengurus Marching Band Gita Bahana Smepsa Ahmad Suwarno menambahkan anggota kelompok marching band sekolah itu sebagian besar merupakan lulusan dari SDN Ngaliyan 1 Semarang.

"Kebetulan, SDN Ngaliyan 1 Semarang memiliki prestasi marching band yang bagus. Banyak alumninya diterima di sini (SMPN 1 Semarang, red.) sehingga dibentuklah tim marching band," katanya.

Pertama kali dibentuk pada tahun 2015, kata Suwarno, tim Marching Band Gita Bahana Smepsa langsung menjuarai lomba tingkat Kota Semarang, kemudian menjuarai kompetisi tingkat Jateng pada bulan Mei 2016. "Prestasi marching band anak-anak ini terus berlanjut. Pada Oktober 2016, dapat juara tingkat nasional hingga 2017 saat tampil di Jakarta juga memboyong juara satu nasional," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara