KKN di Batang, Mahasiswa Undip Ciptakan Alat Pembuat Kompos Mini

Mahasiswa KKN Undip saat menghadiri acara pameran di Alun-alun Kabupaten Batang, Minggu (12/8 - 2018). (Istimewa/Humas Undip)
15 Agustus 2018 13:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memamerkan hasil inovasi berupa alat pembuatan kompos berukuran mini di sela kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Batang, Minggu (12/8/2018).

Alat pembuat kompos berukuran kecil di pamerkan di Alun-alun Kabupaten Batang dalam pameran dan talkshow bertajuk Kenali Potensi, Permasalah, dan Solusi di Kabupaten Bateng.

Dikutip dari siaran pers Humas Undip yang diterima Semarangpos.com, Selasa (14/8/2018), pembuatan alat pembuat kompos berukuran kecil itu dilatarbelakangi masih ditemukan banyak permasalahan terkait pembuangan sampah di Kabupaten Batang. Masyarakat di kabupaten itu masih kerap membakar sampah yang ada.

Kondisi itu pun membuat mahasiswa Undip yang menjalankan KKN di Batang membuat inovasi dan kemudian mengedukasi masyarakat Batang, terutama yang berada di Desa Cempereng, agar mampu membuat alat berukuran mini yang mampu menghasilkan kompos.

Ketua KKN Undip di batang Fajar Afrizal berharap dengan beberapa edukasi-edukasi yang sudah dilakukan oleh mahasiswa Tim II KKN Undip 2018 di Kabupaten, kedepannya dapat lebih memberikan manfaat bagi warga  dan dapat mengurangi beberapa permasalahan yang masih ada, terutama pengolahan sampah.

Wakil Direktur Pengembangan Pembelajaran dan Kerja sama Akademik Undip, Prof. Ir. Vitus Dwi Yunianto Budi Ismadi, mengucapkan terimakasih kepada bupati dan seluruh warga Kabupaten Batang yang telah menerima mahasiswanya menjalani KKN di wilayah tersebut.

“Dengan bimbingan para dosen pembimbing lapangan, mahasiswa KKN bisa terus berkarya secara berkelanjutan walaupun sudah selesai KKN,” tutur Vitus.

Vitus berharap komunikasi yang telah terjalin antara Undip dan masyarakat Kabupaten Batang bisa terus terjalin. Salah satunya melalui Kampus Undip yang saat ini telah berdiri di kabupaten tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia