6.344 Napi di Jateng Peroleh Remisi, Kedungpane Terbanyak

Ilustrasi penjara. (Solopos)
17 Agustus 2018 08:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Indonesia kembali memberikan remisi bagi narapidana (napi) yang tengah menjalani masa hukuman saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI), Jumat (17/8/2018).

Untuk tahun ini ada 6.344 napi di Jateng yang mendapat remisi. Dari jumlah sebanyak itu, 211 napi di antaranya mendapat remisi umum II, setelah mendapat pengurangan hukuman. Sedangkan sisanya, 6.133 orang mendapat remisi umum I atau masih menjalani sisa pidana.

"Dari sekian banyak napi di Jateng yang mendapat remisi, paling banyak merupakan napi LP Kelas I Semarang atau Kedungpane," ujar Kepala Sub Bagian Penyusunan Laporan, Humas, dan Teknologi Informasi Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jateng, Hazmi Saefi, saat dihubungi Semarangpos.com, Rabu (16/8/2018).

Hazmi menambahkan pemberian remisi umum secara simbolis akan dilakukan dalam sebuah acara yang digelar di LP Kelas I Semarang, Jumat siang, sekitar pukul 13.00 WIB. Acara penyerahan surat keputusan (SK) remisi umum itu akan dilakukan oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, kepada Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Dewa Putu Gede.

Sementara itu, dari 6.344 napi di Jateng yang mendapat remisi, 13 orang di antara mereka berstatus sebagai napi teroris (napiter). Sedangkan, 23 orang napi lainnya yang juga mendapat pengurangan masa hukuman merupakan napi koruptor. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya