Upacara Hari Kemerdekaan di Lawang Sewu Semarang Diikuti Wisatawan

Upacara HUT Ke-73 RI di Lawangsewu, Semarang, Jateng, Jumat (17/8 - 2018). (Okezone.com/Taufik Budi)
18 Agustus 2018 10:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 di Lawang Sewu Kota Semarang, Jawa Tengah, berlangsung hikmat. Di tempat yang merupakan saksi bisu perjalanan sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia itu diikuti pula para wisatawan.

Lawang Sewu adalah bekas kantor pusat perkeretaapian di zaman Hindia Belanda dan merupakan saksi bisu peristiwa pertempuran lima hari di Kota Semarang.

Hadir dalam upacara HUT Ke-73 RI di tempat itu, antara lain Direktur PT KAI Edi Sukmoro, jajaran direksi PT KAI, beserta perwakilan dari Kementerian Perhubungan. Seluruh pasukan yang mengenakan pakaian putih berdiri rapi di halaman Lawang Sewu, mengikuti komando pemimpin upacara.

Sejumlah warga dan wisatawan juga tampak mengikuti jalannya upacara.

Setelah pergelaran upacara HUT Kemerdekaan RI, acara dilanjutkan dengan pembagian bantuan CSR dalam program BUMN Hadir untuk Negeri kepada masyarakat Jateng. Pada program tersebut PT KAI telah mengeluarkan dana senilai Rp2.151.323.260 dengan perincian sebagai berikut:

1). Rp1 miliar bagi pembangunan fasilitas MCK di 10 kecamatan, Kabupaten Demak, masing-masing bernilai Rp100.000.000.

2). Program taman baca di SMKN Jawa Tengah senilai Rp52.000.000.

3). Total sebesar Rp200.000.000 bagi pengembangan prasarana dan sarana di dua kecamatan, Kabupaten Demak, masing-masing Rp100.000.000.

4). Program Siswa Mengenal Nusantara yang merupakan program pertukaran 38 siswa di Provinsi Jateng dengan 23 siswa dari Propinsi Kalimantan Barat yang biaya penyelenggaraan dari CSR PT KAI senilai Rp899.323.260.

"Diharapkan dengan berbagai program bantuan CSR tersebut, bisa lebih mendekatkan keberadaan perusahaan BUMN pada umumnya, dan PT KAI pada khususnya, dengan masyarakat sekitarnya," ujar Dirut PT KAI, Edi Sukmoro, di sela-sela upacara peringatan HUT ke-73 RI di Lawang Sewu, Kota Semarang, Jateng, Jumat (17/8/2018).

Rangkaian perayaan HUT ke-73 RI oleh sejumlah BUMN di Kota Semarang ini akan dilanjutkan dengan gerak jalan santai, Sabtu (18/8/2018), yang akan diikuti 2.500 peserta dengan pusat kegiatan acara di Halaman Kantor Perhutani Rimba Graha, Kota Semarang.

"Melalui berbagai perayaan kemerdekaan RI ini, semoga bisa menjadi momentum bagi masyarakat Indonesia agar selalu menjunjung persatuan dan kesatuan dengan meningkatkan solidaritas sosial antarsesama, sehingga nilai-nilai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan, bisa akan selalu diteruskan oleh generasi muda di masa yang akan datang," harap Manager Humas PT KAI Daops IV Semarang, Suprapto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Okezone.com