Pesta Rakyat Jateng Dibuka, Ganjar Kendarai Vespa

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyapa para pelajar sambil mengendarai Vespa saat pembukaan Pesta Rakyat Jateng di Pemalang, Sabtu (18/8 - 2018). (Semarangpos.com/Humas Pemprov Jateng)
18 Agustus 2018 18:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pesta Rakyat Jawa Tengah (Jateng) di Pantai Widuri, Pemalang, resmi dibuka Sabtu (18/8/2018). Pembukaan event yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68 Jateng itu diwarnai dengan konvoi ratusan pengendara Vespa bersama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Konvoi Vespa itu digelar mulai dari Stadion Mochtar menuju Pantai Widuri tempat berlangsungnya acara. Ganjar yang memboncengkan istri, Siti Atiqoh, turut serta dalam rombongan pengendara skuter klasik buatan Italia itu dengan mengendarai Vespa Super tahun 1965 berwarna merah.

Sepanjang jalan sejauh 5,5 km, Ganjar disambut ribuan warga yang berdiri berjajar di pinggir jalan. Tak ketinggalan para pelajar turut memeriahkan dengan kibaran bendera merah putih.

Sekda Jateng Sri Puryono mengatakan Pemalang dipilih sebagai pusat Pesta Rakyat Jateng karena memiliki potensi wisata yang cukup besar untuk dikembangkan.

"Karena kawasan wisata dengan nilai budaya dan historis yang tinggi, sekaligus menjadi wilayah maritim di Jateng," kata Sri dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Jateng, Sabtu.

Sri mengatakan Pesta Rakyat Jateng di Pemalang dimulai Sabtu-Senin (20/8/2018). Selama tiga hari digelar, acara tersebut akan diisi berbagai hiburan dan pameran dengan target mencapai 10.000 pengunjung.

Total ada 27 kelompok kegiatan yang mengusung kearifan lokal, pembangunan daerah dan pembangunan spiritual. Adapula lomba dolanan anak, geguritan dan macapat serta parade kesenian.

"Kita juga undang artis ibukota, Seventen dan Virza. Selain itu, ada juga Salawat Akbar, bersama Habib Luthfi dan Habib Umar Mutahar. Harapannya masyarakat senang gembira dan terbangun spiritualnya," katanya.

Pada pembukaan tersebut dihadiri sebagian besar pejabat di Jateng, mulai dari bupati, wali kota hingga kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Acara pembukaan juga turut dihadii Juga dihadiri Konsulat Jenderal Australia yang datang dari Surabaya.

Sementara itu, Ganjar sangat bersyukur dengan penyelenggaraan HUT Jateng tahun ini. Terlebih lagi, acara tersebut sudah disiapkan dengan matang oleh Pemkab Pemalang yang tahun ini menjadi tuan rumah.

"Semua bisa tumplek blek di pantai ini. Pak bupati terimakasih. Pemkab Pemalang sudah mempromosikan kegiatan ini selama sebulan terakhir lewat virtual dan lainnya bahwa di sini ada pesta-pesta rakyat," katanya.

Bukan hanya di pantai Widuri, keriuhan warga telah dirasakan Ganjar sepanjang perjalanan menuju lokasi. Sambutan dari pelajar hingga masyarakat cukup luar biasa.

"Sepanjang jalan saya naik Vespa sama ibu, dikiranya pacaran, jadi teringat jaman SMA dulu," katanya.

Ganjar mengaku memang sengaja memberi perhatian lebih pada Kabupaten Pemalang. Selain wisata dan budaya, perkembangan teknologi Pemalang sangat luar biasa.

"Pemalang mendapat perhatian secara serius karena berhasil mengembangkan inovasi pelayanan publik, yakni teknologi informasi di tingkat desa, bahkan menang di tingkat internasional di Swiss," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia