Di Puncak HUT, Pemprov Jateng Luncurkan 3 Aplikasi Anyar

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko berfoto bersama seusai upacara peringatan Hari Jadi Ke-68 Provinsi Jawa Tengah, Rabu (15/8 - 2018). (Antara/Wisnu Adhi)
19 Agustus 2018 17:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) meluncurkan tiga aplikasi baru pelayanan publik di puncak acara hari ulang tahun (HUT). Ketiga aplikasi baru itu, yakni Jaringan Informasi Pelayanan Publik (JIPP), Sistem Informasi Desa (Sidesa), dan Jateng Sistem Layanan Informasi Mobile (SLIM).

Ketiga aplikasi baru ini diluncurkan Pemprov Jateng saat pembukaan Pesta Rakyat 2018 yang juga merupakan kegiatan puncak HUT provinsi ini yang digelar di Pantai Widuri, Kabupaten Pemalang, Sabtu (18/8/2018). Peluncuran tiga aplikasi itu dilakukan langsung oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sri Puryono, mengatakan JIPP dibuat Biro Organisasi dan Kompak Pemprov Jateng sebagai media kerja sama antaralembaga dalam pengembangan informasi pelayanan publik. Selain itu, aplikasi ini bisa untuk ajang saling belajar dan bertukar informasi tentang praktik dan program inovatif yang menjadi solusi atas permasalahan pelayanan publik. Pada situs jipp.jatengprov.go.id tersebut juga ada dokumentasi pelayanan publik yang telah teruji sesuai kriteria Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

 “JIPP di Jateng telah dimanfaatkan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik tahun 2018 yang 10 terbaiknya akan diumumkan pada pembukaan Pesta Rakyat. Melalui JIPP, inovasi pelayanan publik akan tumbuh subur, sehingga diharapkan dapat semakin memajukan Provinsi Jateng sekaligus mencegah korupsi,” ujar Sri, seperti dilansir laman Internet resmi Pemprov Jateng, Sabtu.

Sementara itu, lanjut Sri, Sidesa Jateng merupakan aplikasi yang memuat pusat data, informasi dan forum komunikasi penyelenggaraan pemerintahan desa yang terintegrasi di Jateng. Tujuan aplikasi ini untuk meningkatkan transparansi pemerintahan desa, di mana masyarakat bisa mengakses informasi di wilayahnya sekaligus dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan pemerintah desa. Untuk mengakses aplikasi ini, publik bisa mengunjungi website sidesa.jatengprov.go.id.

Sedangkan Jateng SLIM, terang Sekda, merupakan aplikasi layanan informasi publik berbasis android yang dikembangkan di era milenial, di mana sebagian besar masyarakat mengakses informasi melalui smartphone. Sistem tersebut menjadi sumber informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Layanan yang tersedia di antaranya, profil PPID utama, informasi publik, layanan PPID, berita Jateng, portal data Jateng, dan e-monev Jateng.

“Ketiga sistem IT itu di-launching dengan harapan komunikasi tidak harus melalui forum rapat. Aspirasi, koreksi, masukan bisa dari mana saja dan kapan saja,” tutur Sri.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia