Bangsawan Malaysia Kantongi Izin Gelar Gebyar Iduladha di Demak

Putra sekaligus perwakilan Raja Kesultanan Raja Sakti At/Thomim Sunan Kalijaga Malaysia, Yang Mulia Datu Tuan Raja Azhar bin Yang Mulia Datu Tuan Raja Wahab, Mohamad Sahrulnizam bin Mat Rashid, berbincang dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Antara/Wisnu Adhi)
19 Agustus 2018 23:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Bangsawan asal Malaysia meminta izin pergelaran Gebyar Iduladha di Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Setelah mengantongi rekomendasi kegiatan dari polisi setempat, dengan nomor Rek/17/VIII/2018/Sek Dmk Kota, sederet kegiatan silaturahmi ke pejabat pun digariskan.

Pengelola Yayasan Raja Sakti At Thomim Sunan Kalijaga Malaysia di Indonesia, Raja Mohamad Amin, di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (18/8/2018), mengatakan bahwa untuk mengawali rangkaian kegiatan Gebyar Iduladha tersebut, Yang Mulia Datu Tuan Raja Azhar bin Yang Mulia Datu Raja Wahab direncanakan akan bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kapolda Irjen Pol. Condro Kirono, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan Bupati Demak M. Natsir.

Menurut dia, pertemuan yang dilaksanakan di Kota Semarang, Jateng, Minggu (19/8/2018) tersebut sebagai upaya menjalin tali silaturahim antara kedua belah pihak sekaligus penyerahan bantuan hewan kurban secara simbolis. " Yang Mulia Datu Tuan Raja Azhar bin Yang Mulia Datu Raja Wahab akan hadir di Semarang dan bertemu dengan Wali Kota dan Bupati Demak. Ini menjadi rangkaian kegiatan Gebyar Iduladha di Demak mendatang," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Raja Amin ingin meluruskan sejumlah informasi dan pemberitaan yang dinilainya sama sekali tidak benar, tapi telah beredar di masyarakat setempat. "Ada yang bilang, kami bukan keluarga kerajaan, bahkan kriminal. Sama sekali tak benar, [pada acara di Kadilangu, Demak] kami hanya ingin berbuat sosial dan kebetulan di Demak ada kerabat kami. Kami ingin menjalin silaturahim saja," katanya.

Ketua Panitia Gebyar Iduladha di Kadilangu Demak, Kristiawan Saputra, menjelaskan kegiatan akan diselenggarakan di area parkir bus wisata Kadilangu Demak. Kegiatan terbagi menjadi dua tahap, acara pada pagi hari dimulai pada pukul 08.00 WIB, sedangkan pada malam harinya dilakukan pembagian hadiah kejutan bagi masyarakat dengan hadiah utamanya berupa 20 unit sepeda motor.

Seperti diwartakan, Keluarga Yayasan Raja Sakti At-Thomim Sunan Kalijaga Malaysia menyumbangkan 22 ekor sapi kurban. Empat ekor sapi kurban diserahkan pada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, sedangkan 18 ekor lainnya diserahkan kepada Yayasan Raja Sakti At-Thomim Sunan Kalijaga Malaysia yang ada di Kadilangu Demak dan selanjutnya dibagikan pada masyarakat setempat.

Kegiatan serupa juga sudah dilakukan di wilayah Gowa, Tidore dan Aceh, sedangkan untuk tahun ini dipilih Kabupaten Demak. Kabupaten Demak dipilih karena masih ada hubungan kekerabatan kesultanan sehingga dengan jalinan kekerabatan yang dimiliki, pihaknya merasa perlu adanya rasa saling berbagi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara