Karnaval Pembangunan Meriahkan HUT RI di Kota Magelang

Karnaval pembangunan kawasan timur Alun/Alun Kota Magelang, 2017 lalu. (Antara/Humas Pemkot Magelang)
20 Agustus 2018 22:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MAGELANG — Karnaval pembangunan yang melibatkan puluhan mobil hias dijadwalkan memeriahkan puncak perayaan HUT Ke-73 Republik Indonesia di Kota Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (25/8/2018) mendatang.

"Khusus tahun ini, hanya untuk mobil hias," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kota Magelang Taufik Nurbakin di Kota Magelang, Jateng, Senin (20/8/2018).

Hingga saat ini, 56 instansi dilaporkan telah mendaftar sebagai peserta karnaval pembangunan yang akan memperebutkan tropi dan uang pembinaan dari pemkot. Juara pertama mendapat uang pembinaan Rp7,5 juta, juara kedua Rp6 juta, dan juara ketiga Rp4,5 juta.

Meskipun kepesertaan karnaval itu dilombakan dengan hadiah uang, pendaftaran kepesertaan digratiskan panitia. Empat kategori peserta dalam lomba karnaval tersebut adalah sekolah, umum, badan usaha milik daerah, dan kelurahan/kecamatan.

Peserta karnaval diwajibkan melintasi rute Jl. Ahmad Yani menuju alun-alun, Jl. Pemuda, Jl. Tidar, Jl. Tentara Pelajar, dan berakhir di depan Masjid Kauman di kawasan Alun-Alun Kota Magelang.

Ia menjelaskan karnaval tersebut dikemas sebagai pesta rakyat dengan peserta melakukan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi keberagaman suku dan budaya Indonesia. "Juga sebagai upaya dan spirit mengisi semangat kemerdekaan," kata dia.

Menurut rencana, Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, Wakil Wali Kota Windarti Agustina, dan jajaran forum koordinasi pimpinan daerah setempat lainnya berada di panggung kehormatan di alun-alun timur Kota Magelang saat berlangsung karnaval. Para peserta karnaval menampilkan kebolehan selama beberapa menit di depan panggung kehormatan tersebut.

Hingga saat ini, katanya, karnaval pembangunan tersebut sebagai penyelenggaraan tahun keempat. "Kami memprediksi penonton akan sangat banyak. Apalagi hiburan ini murni pesta rakyat," kata dia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara