Presiden Jokowi Kurban Sapi Benggala 1 Ton di MAJT Semarang

Sapi Benggala seberat 1 ton sumbangan Presiden Jokowi untuk dikurbankan di Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang. (Bisnis/Alif Nazzala Rizqi)
21 Agustus 2018 20:50 WIB Alif Nazzala Rizqi Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Presiden Joko Widodo sempat dikabarkan akan melaksanakan salat Iduladha di Masjid Agung Jawa Tengah di Kota Semarang, Rabu (22/8/2018). Dalam kesempatan itu, Jokowi disebut-sebut akan menyerahkan sapi kepada panitia qurban di MAJT.

Jika banyak pejabat negara biasanya memilih sapi jenis Limousin untuk dikurbankan, tidak demikian halnya dengan Jokowi. Kepala Negara justru menyerahkan sapi kurban dari jenis Benggala yang banyak dipelihara peternak Jawa. 

Sapi tersebut terlihat berdiri paling gagah dibandingkan hewan kurban lain yang berada di MAJT, Selasa (21/8/2018). Jenis sapi tersebut merupakan jenis Benggala yang banyak ditemukan di Pulau Jawa sehingga kerap salah kaprah disebut sapi Jawa.

"Sapi Benggala, datang Senin [20/8/2018], malam pukul 19.30 WIB, kalau sapi Limousin milik pejabat lainnya sudah ada duluan datangnya," kata Wagiman, panjaga sapi Jokowi, Selasa.

Wagiman mengatakan sapi Benggala Jokowi dengan tinggi 1,5 meter dan panjang 2,5 meter itu didatangkan dari sentra peternakan di Ungaran, Kabupaten Semarang. Sementara untuk berat sapi tersebut mencapai 1 ton. "Punuknya besar, matanya bersih tajam, ini berarti sapi sehat dan bagus," kata Wagiman.

Dia khusus ditugaskan menjaga sapi orang nomor satu di Indonesia itu. Memberi pakan dan minum agar tetap sehat saat penyembelihan kurban besok. Sapi jenis yang sama juga ada dari Gubenur Jateng, Ganjar Pranowo, kata Wagiman, dua sapi itu datang bersamaan satu truk. Hanya saja ukuran lebih besar sedikit milik Jokowi.

"Kalau harga sapinya kurang tahu, tapi kalau dipasaran jenis itu antara Rp50 - 60 juta," ujarnya.

Selama menjaga sapi tersebut, Wagiman memberi makan berupa rumput dan jerami serta air minum. "Sapi Jawa Benggala perawatan juga mudah. Kalau di peternakan sana pakai konsentrat, tapi disini cukup dikasih makan rumput dan jerami saja sudah mau," ucapnya.

Berdasarkan kabar yang dipublikasikan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Rabu pukul 06.00 WIB, Jokowi dijadwalkan menjalankan salat Id di masjid kebanggan Jateng tersebut. Hadir pula Imam Besar Masjid New York Amerika Serikat, Syamsi Ali, yang bertindak sebagai khatib.  Kabar lain menyebutkan Presiden Jokowi bakal salat Id di Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis