Pemkot Semarang Kirim Tim Medis ke Lombok

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi melepas tim medis RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang ke Lombok di Kota Semarang, Jateng, Kamis (23/8 - 2018). (Antara/Humas Setda Kota Semarang)
24 Agustus 2018 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang mengirimkan tim medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang untuk membantu penanganan korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Hari ini, kami secara nyata ikut bersatu untuk Lombok. Tim medis berangkat, teriring doa dari seluruh masyarakat Kota Semarang," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (23/8/2018). Tim medis itu terdiri atas sembilan orang, yakni satu dokter bedah, tiga dokter umum, satu apoteker, dan empat perawat, beserta bantuan dana senilai Rp114,2 juta untuk pemulihan korban bencana.

Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—mengharapkan para korban bencana alam diberikan kesabaran dan kesehatan, serta mendoakan agar gempa bumi di Lombok dan sekitarnya tidak berlanjut. "Semoga para korban diberikan kesabaran dan kesehatan. Untuk itu, saya sangat berharap tim medis kami dapat ikut secara langsung dan aktif meringankan beban para korban bencana di Lombok," katanya.

Kepada sembilan orang anggota tim medis, Hendi mengapresiasi kepedulian dan keikutsertaan mereka yang mau terlibat sebagai bagian dari tim medis pertama yang dikirim ke Lombok oleh Pemkot Semarang. Hendi berpesan kepada tim medis pertama itu untuk bersemangat dalam menjalankan tugas kemanusiaan sehingga berdampak positif terhadap pemulihan mental dan psikologis para korban bencana di Lombok.

"Kepada tim medis ini untuk dapat membantu pelayanan kesehatan dan pemulihan mental para korban dengan sebaik mungkin, penuh kasih sayang, dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Mewakili tim medis, Direktur RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro Semarang Dokter Susi Herawati menjelaskan tim medis akan berada di Lombok selama lima hari untuk bergabung bersama tim sukarelawan lainnya. Selain memberikan bantuan medis dan kesehatan, kata Susi Herawati, tim juga akan menyalurkan bantuan dana dari Pemkot Semarang sekaligus melaporkan kondisi terkini yang terjadi di Lombok.

"Selama lima hari ini, tim medis ini akan terjun langsung membantu penanganan korban. Apabila dirasa perlu, kami akan memberangkatkan tim yang kedua, begitu seterusnya," kata Susi Herawati.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara