Batang Ingin Festival Layang-Layang Jadi Agenda Wisata Tahunan

Ratusan warga mengikuti kegiatan Festival Layang-Layang di Pantai Muara Kalisono Ujungnegoro, Kabupaten Batang, Jateng, Minggu (26/8 - 2018). (Antara/Kutnadi)
27 Agustus 2018 12:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang akan mendorong festival layang-layang yang telah digelar di Pantai Muara Kalisono Ujungnegoro, Batang, , Jawa Tengah, Minggu (26/8/2018), akan dijadikan agenda tahunan kunjungan wisata.

Bupati Batang Wihaji mengatakan bahwa wilayah Batang memiliki pantai yang sangat panjang sehingga ke depan pemkab akan serius menggelar festival layang-layang berskala nasional. "Kita akan lebih banyak kita menggelar festival program tahun kunjungan wisata dengan tagline Heaven of Asia bisa sukses pada 2022. Oleh karena, ke depan kita akan menggelar festival layang-layang yang lebih besar lagi dan dijadikan program kalender tahunan wisata," katanya di Batang, Jateng, Minggu (26/8/2018).

Menurut dia, festival layang-layang tradisional sangat unik dan menarik karena ada berbagai bentuk dan karakter layang-layang diterbangkan ke udara. "Festival sangat asik, menyenangkan, dan unik, saya sempat menerbangkan dua layang-layang berbentuk bendera merah putih dan tombak Abirawa yang menjadi pusakanya Kabupaten Batang," katanya.

Festival yang kali pertama dilaksanakan di Pantai Ujungnegoro ini, kata dia, cukup menarik pengunjung meski ada yang perlu dibenahi model layang-layang, cara menerbangkan, kategorinya, dan inovasinya. "Kami optimistis dengan kegiatan festival layang-layang serta inovasinya akan menarik pengunjung berkunjung ke objek wisata Batang. Oleh karena itu kami akan mendorong menggelar kembali festival layang-layang lebih inovatif dan digelar secara nasional," katanya.

Camat Kandeman Dwi Rianto mengatakan kegiatan festival layang-layang diikuti 250 peserta dari tingkat pelajar dan umum. Adapun untuk kategori umum, kata dia, layang-layang berdiameter 50 cm, kategori pelajar A dan B layang-layang berdiamter 50 cm. "Total hadiah sebanyak Rp4,5 juta. Kategori umum dan pelajar juara I Rp1 juta, juara II Rp750.000, dan juara III Rp250.000," katanya.

Festival layang-layang ini berlangsung meriah dan peserta membentuk formasi tulisan “Heaven of Asia" dan membentangkan bendera Merah Putih ukuran 50 m x 20 m.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara