Pemprov Jateng Buru Penipu yang Gunakan Nama Penjabat Gubernur

Penjabat Gubernur Jateng, Syafruddin. (Solopos.com/Antara)
30 Agustus 2018 22:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) memburu pihak yang mencatut nama Penjabat Gubernur Jateng, Syarifuddin, untuk melakukan penipuan.

Sebelumnya, nama penjabat gubernur Jateng digunakan pihak yang tak bertanggung jawab untuk meminta uang kepada jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Jateng. Pihak itu meminta uang melalui aplikasi Whatsapp dari nomor 08224698227. Pesan melalui aplikasi WA itu cukup meyakinkan karena pada foto profil memajang gambar penjabat gubernur Jateng yang baru saja menjalani pelantikan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sri Puryono, mengatakan saat ini pihaknya tengah melacak pengguna nomor handphone yang mencoba melakukan penipuan itu. Ia juga memastikan nomor handphone yang beredar melalui aplikasi WA itu bukan berasal dari Syarifuddin.

"Kemarin sudah kami kasih edaran juga melalui media sosial [medsos] bahwa semua itu [pesan melalui aplikasi WA] tidak benar," ujar Puryono saat dijumpai wartawan di Kantor Disnakertrans Jateng, Kota Semarang, Kamis (30/8/2018).

Mantan kepala Dinas Kehutanan Jateng itu mengatakan saat ini nomor yang digunakan penipu itu sudah tidak aktif. Meski demikian, hal itu tidak membuat pihaknya patang arang memburu pemilik nomor handphone tersebut. "Nomornya memang sudah enggak aktif, tapi kami akan lacak ke operator. Bisa kok," tegas Puryono.

Puryono menambahkan hingga saat ini belum ada laporan dari kepala SKPD atau instansi di Jateng yang menjadi korban penipuan dengan mengatasnamakan penjabat gubernur. Oleh karena itu, pihaknya pun belum melayangkan laporan ke kepolisian.

"Sejauh ini belum ada korban. Belum lapor ke polisi juga. Tapi kalau ada korban, saya minta agar melapor bahwa itu merupakan tindak penipuan," terang Puryono.

Syarifuddin merupakan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri. Ia ditunjuk menjadi penjabat gubernur Jateng menggantikan Ganjar Pranowo yang habis masa jabatannya. Syarifuddin akan menjalankan tugas sebagai Penjabat Gubernur Jateng hingga 17 September mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya