Rail Clinic Seri Terbaru Sambangi Stasiun Gundih

Petugas kesehatan (kanan) melayani pasien dalam gerbong Rail Clinic di Stasiun Gundih, Grobogan, Kamis (30/8 - 2018). (Semarangpos.com/PT KAI Daops IV Semarang)
31 Agustus 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kereta api kesehatan atau yang populer disebut Rail Clinic milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyambangi masyarakat Grobogan di Stasiun Gundih, Kamis (30/8/2018).

Tak hanya datang dengan membawa sederet fasilitas kesehatan, Rail Clinic generasi terbaru itu datang juga dengan membawa gerbong kereta pustaka atau Rail Library.

Rail Library yang menjadi bagian Rail Clinic Generasi ke-4 itu dilengkapi fasilitas perpustakaan, video, dan e-book. Selain itu, kereta pustaka tersebut juga berisi koleksi ratusan buku serta puluhan e-book dan video.

"Pelayanan kesehatan gratis di Stasiun Gundih dengan Rail Clinic ini merupakan program rutin dari PT KAI sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar jalur kereta dalam hal kesehatan dan pendidikan. Semoga dengan layanan Rail Clinic yang dilengkapi Rail Library ini bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat," ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) IV Semarang, Suprapto, dalam keterangan resmi, Kamis.

Ada sekitar 300 warga yang tinggal di sekitar Stasiun Gundih yang memanfaatkan fasilitas Rail Clinic tersebut. Beberapa di antaranya juga memperoleh kaca mata gratis, peralatan olahraga, penyuluhan kesehatan, peraturan keselamatan perjalanan KA, dan suvenir.

Suprapto menambahkan kegiatan dengan Rail Clinic di wilayah PT KAI Daops IV Semarang ini bukan yang kali pertama digelar. Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di Stasiun Weleri Kendal dan Stasiun Kedungjati Grobogan pada 2016, serta Stasiun Mangkang Semarang dan Stasiun Randublatung Blora pada 2017 lalu.

"Untuk tahun ini, Rail Clinic akan digelar tiga kali. Selain Stasiun Gundih, ada dua stasiun lagi yang disambangi, yakni Stasiun Keradenan dan Stasiun Kaliwungu pada 7 November nanti," terang Suprapto.

Sementara itu, Sekretaris Camat Geyer, Grobogan, memberikan apresiasi terhadap kegiatan CSR PT KAI dengan memberikan pelayanan kesehatan melalui Rail Clinic kepada masyarakat di wilayahnya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada PT KAI Daops IV Semarang. Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Geyer," tutur Sutoyo.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia