Panwaslu Jadi Bawaslu, DPRD Ingin Pemilu Lebih Bermartabat

Gedung Berlian, Kantor DPRD Jateng, Jl. Pahlawan, Kota Semarang. (dprd.jatengprov.go.id)
31 Agustus 2018 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan anggota DPRD Jawa Tengah mendukung penguatan kelembagaan badan pengawas pemilihan umum (bawaslu) di tingkat kabupaten dan kota di Jateng.

"Setelah perubahan status dari [panitia] ad hoc menjadi badan penyelenggara pemilu, tugas, dan wewenang bawaslu semakin besar karena melakukan peran yang sangat penting dalam sistem pengawasan pemilu sehingga penguatan kelembagaan bawaslu mutlak dilakukan," kata Sekretaris Komisi A DPRD Provinsi Jateng Ali Mansyur di Kota Semarang, Jateng, Rabu (29/8/2018).

Dukungan dana yang lebih besar pada pemilu ke depan, maka peran bawaslu akan menjadi tantangan yang berat pada peningkatan demokrasi Indonesia. Peningkatan demokrasi Indonesia itu juga merupakan hal yang ingin dicapai dengan penguatan kelembagaan bawaslu. "Dengan kemandirian, integritas, dan pengabdian yang prima diharapkan pemilu ke depan bisa lebih baik dan bermartabat," ujarnya.

Anggota Komisi A DPRD Jateng Bambang Haryanto menambahkan jika penyelenggara dan peserta pemilu mau menjunjung tinggi integritas, maka pelaksanaan demokrasi bisa berjalan dengan baik. "Pelaporan dan temuan bisa ditindaklanjuti serta akan meningkatkan kualitas bawaslu itu sendiri," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara