Ustaz Abdul Somad Batal ke MAJT Semarang, Dipicu Ujaran Kebencian Netizen di Medsos?

Dai kondang Ustaz Abdul Somad. (Antara/Feny Selly)
31 Agustus 2018 04:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Dai kondang Ustaz Abdul Somad membatalkan rencana pengajian di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang yang sedianya dilaksanakan Minggu (2/9/2018). Pembatalan dilakukan sepihak oleh tim manajemen UAS.

"Kami segera mengklarifikasi pembatalan sepihak ini, mengingat persiapan menyambut UAS sudah dilakukan matang," kata Ketua Dewan Pengurus Pelaksana [DPP] MAJT Semarang Prof. K.H. Noor Achmad di Kota Semarang, Jateng, Kamis (30/8/2018). Penjelasan itu disampaikannya seusai rapat mendadak di MAJT yang dihadiri oleh sekretaris MAJT sekaligus ketua panitia K.H. Muhyiddin, Wakil Sekretaris Istadjib, dan jajaran koordinator-koordinator teknis.

Pembatalan sepihak manajemen UAS terhadap rencana mengisi pengajian setelah salat Subuh, Minggu mendatang itu, diakuinya membuat panitia pengajian MAJT kaget dan kelabakan karena persiapan sudah matang. Apalagi, sambung dia, sosialisasi sudah dilakukan kepada masyarakat luas, mengantisipasi melubernya pengunjung, hingga aspek keamanan yang sudah dipersiapkan secara ketat oleh panitia dari MAJT Semarang.

Atas batalnya pengajian Ustaz Abdul Somad di Masjid Agung jawa Tengah, mantan Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang itu menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat yang telah bersiap menghadiri pengajian UAS. "Namun, yang perlu dipahami, UAS yang membatalkan pengajian di MAJT, bukan pihak MAJT, bukan aparat kepolisian, dan juga bukan pemerintah. Makanya, DPP MAJT patut meminta klarifikasi dari UAS," katanya.

Klarifikasi yang disampaikan kepada Ustaz Abdul Somad dan tim manajemennya, kata dia, mengenai seputar alasan pembatalan pengajian dan kemungkinan penjadwalan kembali untuk mengisi pengajian di Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang. "Apabila memang ada hal serius yang melatari pembatalan itu, kami dari MAJT pun akan memahami dengan catatan perlu penjadwalan ulang," katanya seraya menyebutkan pembatalan itu dilakukan melalui pesan Whatsapp (WA).

Dijelaskannya, pembatalan kehadiran Ustaz Abdul Somad untuk mengisi pengajian di Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang itu disampaikan oleh Koordinator Manajemen UAS, Erman, melalui aplikasi WA singkat kepada panitia MAJT, Eman Sulaiman, pada Rabu (29/8/2018). Namun, lanjut Noor, isi pesan WA tersebut tidak menjelaskan alasan pembatalan, bahkan ketika Eman selaku panitia MAJT bertanya berulang kali kepada Erman, tim manajemen UAS, tidak ada jawaban.

Ditanya kemungkinan pembatalan itu terkait geger penolakan terhadap Ustaz Abdul Somad di media sosial, Noor mengaku belum bisa menjawab karena manajemen UAS juga belum memberikan alasan pembatalan tersebut. "Tunggu saja hasil klarifikasi kami ke UAS. Sepengetahuan kami, sejak mengundang UAS hingga ada pembatalan sepihak, belum pernah ada warga Jateng menyampaikan penolakan ke MAJT, baik lewat surat atau datang langsung," katanya.

Artinya, simpul dia, kehadiran Ustaz Abdul Somad di Masjid Agung Jawa Tengah sebenarnya ditunggu. Namun, apabila ternyata pembatalan itu lebih didasarkan analisis masih adanya penolakan masyarakat, MAJT siap menjadi fasilitator untuk berdialog. Pada kenyataannya, begitu kabar UAS hendak menggelar pengajian di MAJT, kebencian diembuskan lagi oleh sebagian netizen di media sosial tanpa adanya sikap jelas aparat keamanan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara