Pemprov Jateng Ditekankan Perlunya Regulasi Irigasi

Petani membendung aliran irigasi air jaringan Colo Timur ke areal persawahannya di Desa Tangkil, Sragen Kota, Sragen, Rabu (1/8 - 2018). (Solopos/Tri Rahayu)
03 September 2018 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan anggota DPRD Jawa Tengah meminta ekekutif pemerintah provinsi setempat memperhatikan dan mengatur regulasi irigasi. "Regulasi irigasi hendaknya diatur supaya fungsi embung yang dibangun di daerah bisa bermanfaat bagi petani," pinta anggota Komisi D DPRD Provinsi Jateng M. Ichwan di Semarang, Kamis (30/8/2018).

Menurut dia, regulasi irigasi yang perlu diperhatikan karena manfaat embung itu untuk mengatasi kekeringan terhadap tanah dan juga untuk memperbaiki kamdungan air tanah wilayah setempat. Air bersih, tutur dia, menjadi kebutuhan setiap makhluk hidup, termasuk manusia sehingga kebutuhan air pun semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah penduduk.

Ia menyebutkan bahwa embung akan berguna saat musim kemarau karena sebagai sumber irigasi utama di sektor pertanian. "Oleh karena itu, kami minta supaya fungsi embung benar-benar digunakan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng Sri Puryono mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menjaga ketersediaan air dengan pembuatan waduk, embung, biopori, penghijauan, dan kampanye tidak menggunakan air secara berlebihan di kalangan masyarakat. "Kami juga menggiatkan gotong royong bersih sungai, rehabilitasi lahan, mengedukasi masyarakat melalui gerakan sekolah sungai, pengurangan risiko bencana, restorasi sungai, pemerliharaan sumber-sumber air dan kampanye kepedulian lingkungan hidup," katanya.

Ia juga minta semua warga menggunakan air bersih dengan berprinsip layaknya orang menabung uang di bank, demikian pula menabung air, menyisihkan pasokan air untuk ketersediaan air bersih dan memanennya pada masa yang akan datang. "Perlu diingat, bahwa bukan hanya kita yang membutuhkan air bersih ini, tetapi juga anak cucu dan keturunan kita nanti," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara