Pelantikan Gubernur Dipercepat, Ganjar Pulang Lebih Cepat dari Lombok

Gubernur terpilih Jateng, Ganjar Pranowo, menjalankan tugas sebagai sukarelawan di Lombok, beberapa waktu lalu. (Semarangpos.com/Humas Ganjar Pranowo)
03 September 2018 21:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur terpilih Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, harus mempersingkat kunjungannya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ganjar yang semula dijadwalkan pulang ke Semarang setelah menjalani tugas sebagai sukarelawan bencana alam gempa bumi, Selasa (4/9/2018), harus pulang sehari lebih cepat, Senin (3/9/2018).

Dipersingkatnya kunjungan Ganjar Pranowo itu tak terlepas dari diajukannya pelantikan gubernur Jateng terpilih yang diajukan menjadi Rabu (5/9/2018). Sebelumnya, pelantikan gubernur dan wakil gubernur Jateng akan digelar di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (17/9/2018).

“Kemarin secara informal disampaikan kepada Pemprov Jateng dan saya dikabari. Tadi malam di Lombok saat kami tinjauan bencana Pak Wamenseskab [wakil menteri sekretaris kabinet] menyampaikan pelantikan maju tanggal 5 Septemberi. Kemudian saya [mintakan] konfirmasi kebetulan lagi bareng Pak Gubernur NTB dan Presiden, ya pelantikannya dimajukan,” ujar Ganjar dalam keterangan resmi, Senin.

Ganjar menyebutkan secara formal pemberitahuan dari pihak Istana Kepresidenan ke Pemprov Jateng bakal diterima hari ini pukul 15.00 WIB. “Hari ini sudah selesai, hari ini saya balik untuk persiapan yang di sana. Terus memastikan juga persiapan-persiapan yang ada," kata Ganjar.

Meski jadwalnya dipersingkat Ganjar mengaku telah mengunjungi titik-titik pusat bencana dan pengungsian. Setelah keliling ke sejumlah tempat Ganjar juga menekankan agar para relawan juga membantu persebaran informasi. "Dua hari di Lombok kita melakukan pengecekan, distribusi benar atau tidak tersampaikan kepada masyarakat. Yang penting sebenarnya saya tekankan pada siapapun, kita bisa menyampaikan tempat untuk informasi, informasi harus sampai ke masyarakat dan gampang diakses," katanya.

Selain memuji langkah relawan pascabencana, Ganjar juga mengatakan bantuan logistik sampai saat ini masih sangat dibutuhkan. "Mereka membuat rumah-rumah hunian sementara. Saya tanya kepada mereka soal logistik, mereka memang butuh bantuan-bantuan logistik," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia