Jateng Serahkan Bantuan Gempa Bumi Lombok

Areal parkir ruang tunggu Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, NTB, retak, Senin (20/8/2018), akibat gempa Minggu (19/8 - 2018) malam. (Antara/Ahmad Subaidi)
04 September 2018 15:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MATARAM — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyerahkan bantuan untuk korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bantuan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat Rosiady Sayuti, Senin (3/9/2018).

Bantuan bagi saudara sebangsa yang sedang kesusahan di Lombok tersebut berasal dari jajaran pemerintahan, badan, dan lembaga di provinsi Jateng. Bantuan itu salah satu bentuk kepedulian masyarakat dan pemerintah Jawa Tengah kepada masyarakat Lombok dan Sumbawa.

Rombongan keluarga besar Jawa Tengah dipimpin Ketua MUI Jateng K.H. Ahmad Daroji. Mewakili pemerintah dan keluarga besar Provinsi NTB, Sekda Rosiady yang akrab disapa Pak Ros mengungkapkan terima kasih dan penghargaan atas segala bentuk empati dan simpati keluarga besar Jateng atas musibah gempa bumi yang melanda NTB.

"Di tengah rasa duka yang mendalam setelah lebih dari 30 hari sejak gempa pertama kali, kami sampaikan terima kasih atas kunjungan dan buah tangan dari pemerintah serta masyarakat Jateng bagi warga kami," ucap dia.

Ia menjelaskan saat ini kondisi masyarakat di Lombok masih banyak yang tinggal di lokasi pengungsian, baik yang terdampak langsung maupun tidak langsung. Nusa Tenggara Barat, katanya, saat ini tengah berada dalam masa transisi darurat menuju pemulihan yang kegiatan utamanya sebulan pertama adalah menyingkirkan puing-puing rumah yang roboh.

Ia optimistis bahwa dengan bantuan dari seluruh pihak, 1-2 bulan ke depan, puing- puing itu sudah dapat disingkirkan sehingga dapat dibangun rumah hunian yang baru bagi masyarakat.

Ketua MUI Jateng K.H. Ahmad Daroji menyampaikan bahwa kedatangannya bersama rombongan secara khusus untuk berkunjung ke Lombok, di samping untuk menyampaikan secara langsung bantuan bagi warga setempat yang terdampak gempa bumi. Ia juga mengatakan keinginan melihat lebih dekat tentang kondisi daerah yang terdampak musibah di Pulau Lombok.

Dalam rombongan itu, turut serta 12 orang anggota tim kesehatan, terdiri atas dokter dan perawat yang akan ditugaskan di Lombok untuk membantu melayani korban gempa. "Jadi ini bentuk kepedulian dari seluruh warga Jateng untuk para korban bencana gempa bumi di Lombok dan Sumbawa," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara