Siap Pensiun Tahun Depan, Ini yang Akan Dikerjakan Liliyana Natsir

Pasangan ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad, menerima bonus Rp300 juta dari Djarum Foundation di GOR Djarum, Jati, Kudus, Kamis (6/9 - 2018) malam. (Istimewa/Djarum Foundation)
07 September 2018 08:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pebulu tangkis putri Indonesia, Liliyana Natsir, telah memutuskan untuk gantung raket pada tahun 2019 nanti. Keputusan itu disampaikan pebulu tangkis yang akrab disapa Butet itu seusai mempersembahkan medali perunggu Asian Games 2018 bersama pasangannya di nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad.

Setelah pensiun, perempuan yang genap berusia 33 tahun pada 9 September nanti itu pun belum berencana untuk kembali berkiprah di olahraga tepuk bulu itu, walau pun sebagai pelatih. Ia justru lebih tertarik untuk menggeluti bisnis yang sudah dijalani sejak beberapa tahun terakhir.

“Saya belum ada pandangan ke sana [pelatih bulu tangkis]. Saya ingin refreshing dulu. Mungkin akan menggeluti bisnis,” ujar Liliyana seusai menerima bonus dari Djarum Foundation di GOR Djarum, Jati, Kudus, Kamis (6/9/2018) malam.

Liliyana mengaku sejak beberapa tahun terakhir belajar untuk berkarier di dunia bisnis. Ia mengaku memiliki beberapa bisnis keluarga di bidang properti maupun pijat refleksi.

Dalam kesempatan itu, peraih medali emas Olimpiade Brazil 2016 itu juga menyatakan alasannya gantung raket. Ia menyatakan bahwa saat ini usianya sudah tidak lagi muda dan saatnya untuk berhenti.

“Saya sudah 33 tahun, bukan lagi usia yang muda. Saya sudah expired. Sekarang tinggal memberi kesempatan pada yang muda untuk berkiprah. Semoga tanpa saya, Owi [sapaan Tontowi] bersama pasangannya bisa meraih prestasi yang lebih baik,” tutur Liliyana.

Sebelum pensiun, Liliyana mengaku masih akan tampil dalam beberapa event kejuaraan berlabel super series bersama Tontowi. Ia pun siap memberikan yang terbaik di ajang itu sebagai kado perpisahan bagi penggemar bulu tangkis di Tanah Air.

“Masih [bermain], ada beberapa event seperti Denmark Open  dan lainnya sepanjang tahun ini. Pensiun baru nanti tahun depan,” tutur Liliyana.

Sementara itu, Tontowi merasa bakal kehilangan sosok Liliyana, yang selama ini menjadi pasangannya dalam meraih juara di berbagai event. Meski demikian, ia tak bisa berbuat banyak karena keputusan gantung raket sudah menjadi tekad Liliyana.

Ia pun siap dipasangkan dengan siapa pun sepeninggalan Liliyana. “Saya siap dipasangkan dengan siapa pun. Terserah pelatih nanti mau memasangkan dengan siapa,” tutur Owi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia