Kebakaran Hutan Gunung Sindoro Meluas Diterpa Angin

Kepulan asap akibat kebakaran kawasan hutan di Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jateng terlihat dari wilayah Kecamatan Parakan, Senin (10/9 - 2018). (Antara/Heru Suyitno)
10 September 2018 20:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Kebakaran hutan di Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah terus meluas ke arah timur. Demikian pelaksana tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, Senin (10/9/2018).

Gito mengatakan kebakaran hutan yang terjadi sejak Jumat (8/9/2018) di wilayah Sigedang Kabupaten Wonosobo, kini meluas hingga petak 10-4 di wilayah Kabupaten Temanggung. "Angin bertiup kencang sehingga api cepat menjalar, api terus bergerak ke arah timur dan diperkirakan luasan yang terbakar mencapai 156 ha," katanya.

Ia menuturkan kawasan hutan yang terbakar berupa alang-alang, bukan tanaman tegakan. Ia mengatakan upaya pemadaman terus dilakukan, hari ini diterjunkan sekitar 180 personel, antara lain dari Polres Temanggung, Kodim Temanggung, Perhutani Kedu Utara, BPBD Temanggung, dan masyarakat. "Kami juga mendapat bantuan puluhan personel dari SAR Purbalingga dan Batang," katanya.

Ia mengatakan guna menyuplai kebutuhan makanan bagi personel yang memadamkan api, Tagana dan Dinsos Temanggung hari ini mendirikan dapur umum di Balai Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo. Ia menyampaikan hambatan dalam pemadaman karena medan terlalu terjal dan tinggi dan peralatan yang digunakan untuk pemadaman berupa alat manual, yakni menggunakan ranting pohon untuk memukul-mukul api yang membakar ilalang.

Ia mengatakan pemadaman hanya dilakukan pada pagi hingga sore hari karena kalau dilakukan malam hari justru membahayakan personel. "Sekitar pukul 17.00 WIB personel kami tarik demi keamanan karena kabut juga sudah turun dan mualai gelap," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara