Gubernur Jateng Sokong Ekonomi Berbasis Pondok Pesantren

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima tahu di Kantor Gubernur Jateng. (Antara/Wisnu Adhi)
11 September 2018 16:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan mendorong penerapan ekonomi yang berbasis pondok pesantren pada lima tahun kepemimpinannya ke depan sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Hal tersebut bertujuan, selain piawai dalam bidang keagamaan para santri juga bisa menjadi mandiri sebagai wirausaha," katanya di Semarang, Minggu (9/9/2018).

Ganjar yang memimpin Jawa Tengah bersama Wakil Gubernur Taj Yasin juga berniat menyinkronkan rencana kerjanya dengan program pemerintah pusat. Mantan anggota DPR itu menegaskan, dalam lima tahun kepemimpinannya ke depan akan mendorong pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan, dan penanggulangan kemiskinan.

"Insya Allah pemerintah pusat sudah akan menggelindingkan Bank Wakaf, mudah-mudahan Bank Wakaf ini nanti bisa mengembangkan ekonomi pondok pesantren," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Wagub Jateng Taj Yasin yang akrab disapa Gus Yasin menambahkan bahwa pendidikan dan ekonomi pondok pesantren menjadi salah satu prioritas yang akan dikerjakan bersama Gubernur Ganjar. Menurut dia, kemiskinan dapat ditekan melalui pendidikan dan pengetahuan, terlebih yang ditopang dengan nilai-nilai keagamaan.

"Pengetahuan itu bisa lebih baik jika pengetahuan itu kita topang dengan `akhlakul karimah`, dengan mengedepankan nilai-nilai keagamaan kita," katanya.

Gus Yasin juga meminta dukungan masyarakat agar selama lima tahun mendatang, dirinya bersama Gubernur Ganjar dapat menjalankan amanah memimpin Jawa Tengah dengan baik dengan mengedepankan gotong royong di masyarakat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara