Fenomena Alam Gunung Ungaran, Awan Berbentuk UFO

Lenticular clouds di sekitar Gunung Ungaran. (Instagram/ardiyan_abi)
12 September 2018 11:50 WIB Ginanjar Saputra Semarang Share :

Solopos.com, UNGARAN — Fenomena alam kali ini datang dari Gunung Ungaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Fenomena alam berupa awan berbentuk unik di Gunung Ungaran belakangan hari ini menghebohkan warganet dan menjadi viral di media sosial.

Lenticular clouds di sekitar Gunung Ungaran. (Instagram-@aextee)

Dihimpun di akun Instagram @wisatasemarang, Senin (10/9/2018), sejumlah foto yang menunjukkan fenomena alam berupa awan berbentuk unik di Gunung Ungaran itu ramai diunggah warganet. Berdasarkan foto yang diunggah, tampak awan beberapa awan berbentuk seperti piring terbang yang kerap disebut sebagai unidentified flying object (UFO).

Lenticular clouds di sekitar Gunung Ungaran. (Instagram-@cleopatra_design_interior)

Kebanyakan warganet lantas mengungkapkan kekaguman mereka terhadap awan di Gunung Ungaran yang mereka nilai memiliki bentuk sangat indah. "Pas keluar rumah, ehh lihat awan ini sungguh indah banget. Cuaca hari itu juga cerah banget pula," tulis pengguna akun Instagram @krisnico_w.

"Epic. Beautiful view. Sama kayak yang aku lihat tadi pagi," imbuh pengguna akun Instagram @erchist21.

"Iya kak saya juga lihat dari Mijen. MasyaAllah banget pokoknya," timpal pengguna akun Instagram @khoir_nieez.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, awan berbentuk unik seperti yang ada di Gunung Ungaran itu disebut lenticular clouds. Disebutkan pada Wikipedia, lenticular clouds adalah awan stasioner yang terbentuk di troposfer, biasanya dalam keselarasan tegak lurus dengan arah angin. Awan tersebut sering berbentuk pipih atau seperti piring.

Lenticular clouds di sekitar Gunung Ungaran. (Instagram-@regitaa770)

Lenticular clouds di sekitar Gunung Ungaran. (Instagram-@ardion_stemga)

Lenticular clouds kerap kali disangka UFO karena bentuknya seperti piring terbang. Fenomena alam tersebut pada umumnya terbentuk di kawasan dataran tinggi, maka wajar saja jika terbentuk di kawasan sekitar Gunung Ungaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia