Pemprov Jateng Siap Kembangkan Gunung Telomoyo untuk Wisata Olahraga

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyaksikan kejuaraan 4th Gantole Telomoyo Cup 2018 di Gunung Telomoyo, Jateng, Kamis (13/9 - 2018). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)
14 September 2018 12:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) bakal mengembangkan sport tourism atau wisata olahraga di kawasan puncak Gunung Telomoyo. Hal itu disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menyaksikan event kejuaraan 4th Gantole Telomoyo Cup 2018 di puncak Gunung Telomoyo, Kamis (13/9/2018).

Ganjar yakin panorama puncak Gunung Telomoyo mampu menarik perhatian wisatawan dan juga memicu adrenalin. Ia pun siap membantu pemerintah setempat untuk membangun infrastruktur yang menunjang wisata olahraga di kawasan tersebut.

“Tinggal [pemerintah] kabupaten mengajukan, dana [infrastruktur] sudah siap. Sebenarnya pembangunan jalan ini dilakukan tahun lalu, tapi pengajuannya dari pemkab ke pemprov belum, cuma sekitar Rp6 miliar,” kata Ganjar dalam keterangan resmi yang dikutip Semarangpos.com, Kamis.

Gunung Telomoyo secara administratif masuk dalam tiga wilayah, yakni Kabupaten Semarang, Magelang, dan Kota Salatiga. Ganjar pun mendesak pemerintah setempat segera mengajukan dana ke Pemprov Jateng.

“Yang penting segera diajukan. Impian saya ini akan jadi sport tourism andalan. Masak di Bali ada ayunan yang bayar Rp200.000 saja laku, di sini kok enggak. Sini kan tidak kalah bagus,” ujar Ganjar.

Dijadikannya Gunung Telomoyo sebagai destinasi wisata olahraga pun merupakan harapan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) yang bakal menyelenggarakan event internasional, dalam waktu dekat.

“Beberapa negara dari Asia dan Eropa, pilotnya sangat suka tempat ini. Makanya, tahun depan kami agendakan event internasional,” ujar Sekjen FASI, Cepi Nasution.

Cepi menyebutkan beberapa infrastruktur di puncak Gunung Telomoyo yang patut diperbaiki untuk menggelar event internasional. Beberapa infrastruktur itu antara lain, point landing dan toilet.

Sementara itu, kejuaraan 4th Gantole Telomoyo Cup 2018 diikuti 37 atlet dari 10 provinsi. Selain penerbang dari dalam negeri, ajang ini juga diikuti dua atlet dari Jepang.

Untuk mencapai puncak Gunung Telomoyo, lokasi peluncuran gantole, para pilot harus menempuh perjalanan sejauh 7 km. Namun saat ini kondisi jalan banyak dikeluhkan karena rusak parah.

Berbanding terbalik dengan panorama ketika mencapai Puncak 1.894 mdpl. Bahkan, Hiroshi, pilot dari Nagoya Jepang mengakui tidak menemukan tempat serupa di negaranya.

"Saya tidak menemukan keindahan dan tantangan seperti ini di Jepang," kata dia sebelum meluncur bersama layangannya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia