Wagub Minta Beda Pilihan Tak Picu Permusuhan

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin. (Antara)
14 September 2018 04:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengajak semua lapisan masyarakat berperan aktif menjaga kerukunan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019. "Pilihan yang berbeda, jangan menjadi sebab permusuhan," katanya di Kota Semarang, Jateng, Kamis (13/9/2018).

Pria yang akrab disapa Gus Yasin itu meminta masyarakat, khususnya umat muslim untuk meneladani hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah. Menurut dia, salah satu teladan dari kisah itu adalah cara nabi dalam membangun keakraban antara kaum Muhajirin sebagai pendatang yang mengikuti hijrahnya, dan Anshar sebagai penduduk Madinah.

"Saat hijrah tersebut, Nabi Muhammad membangun tempat ibadah dan juga berdakwah, namun, nabi tidak pernah memaksakan penduduk Madinah untuk memeluk agama Islam," ujarnya.

Putra ulama karismatik K.H. Maimoen Zubaer itu berpendapat bahwa menentukan pemimpin juga harus seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. "Berbeda pilihan tidak apa-apa, tapi jangan menjelek-jelekkan, apalagi membuka aib seseorang yang akan memimpin kita, itu tidak boleh," katanya.

Setiap orang, kata dia, tidak akan pernah tahu, siapa nanti yang bakal menjadi pemimpin karena hanya Tuhan yang mengetahuinya dan oleh sebab itu, masyarakat maupun pendukung salah satu pasangan calon pemimpin, tidak boleh saling menjelekkan. "Bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya memeluk Islam, agama yang rahmatan lil alamin sehingga harus ditunjukkan dan jangan mudah diadu domba. Mari kita guyub bareng membangun Jateng," ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara