Balkondes Jadi Asa Menteri BUMN Katrol Kesejahteraan Rakyat

Menteri BUMN Rini Soemarno menyaksikan hasil kerajinan warga Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jateng yang dijajakan di Balkondes BNI di Desa Wanurejo. (Antara/Heru Suyitno)
14 September 2018 10:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MAGELANG — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berharap balai ekonomi desa (balkondes) yang dibangun sejumlah BUMN di seputaran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Harapan tersebut disampaikam Menteri BUMN di Balkondes Ngargogondo di Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (13/9/2018), seusai meninjau sejumlah balkondes berkaitan kesiapan untuk menerima delegasi International Council of Women (ICW).

Ia menuturkan pada dasarnya, balkondes nanti menjadi milik desa. BUMN, katanya, hanya turut membantu pembangunannya. Karena itu, ia pun berpesan supaya balkodes dapat dijaga dan dikembangkan untuk pelayanan kepada para pengunjung.

Ia lalu menerangkan program balkodes muncul karena BUMN melihat di daerah Borobudur ini masyarakatnya belum sejahtera, desa-desanya belum sejahtera maka dibuat program ini sejak 2016. "Alhamdulillah betul, balkondes yang sudah berjalan betul-betul bisa menambah pendapatan sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Ia menuturkan dengan balkondes ini banyak aktivitas yang dilakukan sehingga bisa menambah pendapatan desa dan tentu akan memberikan kesejahteraan lebih baik kepada warga desa setempat. Di Kecamatan Borobudur terdapat 20 desa dan setiap BUMN membangun sebuah balkondes di salah satu desa.

Saat ini, terang Rini, sudah ada 19 balkondes. Salah satu desa, diakuinya belum bisa dibangun balkondes karena tidak tersedia lahan. "Persoalannya adalah tersedianya lahan dari desa, kalau tidak ada lahan susuh untuk membangun balkondes," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara