BUMN dan BUMD Didorong Jadi Bapak Asuh Olahraga

Ilustrasi medali kejuaraan olahraga. (Gloceries.asda.com)
16 September 2018 22:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, MAGELANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pihak swasta khususnya BUMN dan BUMD untuk menjadi bapak asuh dalam membina cabang-cabang olahraga di provinsi itu. "Kami juga mengupayakan agar BUMN, BUMD maupun korporasi di Jateng bisa memfasilitasi para atlet maupun pelatih olahraga agar direkrut bekerja setelah tidak menjadi atlet sesuai kemampuan dan kompetensinya," katanya Ganjar di Magelang, Jateng, Minggu (16/9/2018).

Upaya ini, kata Ganjar dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng Urip Sihabudin pada pembukaan Kejurprov Gateball Jawa Tengah 2018 di Taman Wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, dilakukan agar para atlet bisa hidup lebih sejahtera. Ia menuturkan kejurprov gateball ini selain sebagai ajang untuk mengasah kemampuan dan mental bertanding para atlet, juga menjadi wadah dalam mencari talenta-talenta atlet gateball Jateng.

Kejuaraan tersebut sekaligus sebagai ujian kejujuran sportivitas dan fairplay para atlet dalam memperoleh kemenangan. "Bagi saya akan lebih berharga nilainya, kemenangan atau prestasi yang diraih dengan mengedepankan nilai-nilai kejujuran tanpa curang, tanpa doping dan sebagainya," kata Ganjar.

Ia menuturkan Asian Games baru saja selesai digelar, pesta olahraga masyarakat Asia ini memberikan semangat dan gairah baru di bidang olahraga, inilah momentum yang harus dijaga, ingar-bingar terhadap kecintaan olahraga harus terus digelorakan bersama, khususnya di cabang olahraga gateball ini. "Perlu saya sampaikan bahwa program dan strategi untuk meraih prestasi cabang olahraga gateball, Jateng harus fokus dalam mencetak atlet gateball yang andal dan berkualitas dengan memperbanyak kejuaraan seperti yang diselenggarakan ini," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong berbagai perusahaan yang ada di Jateng untuk bersama-sama dengan pemerintah mendukung olahraga gateball, syukur-syukur kalau bisa menyeponsori berbagai kejuaraan gateball. "Jika ada banyak kejuaraan tentu para atlet akan semakin terpacu meningkatkan kualitas diri dan kemampuan bertanding guna meraih kemenangan dan prestasi," katanya.

Ia mengatakan untuk memacu prestasi para atlet agar meraih prestasi, pemerintah terus memberikan penghargaan kepada atlet-atlet berprestasi. Contohnya, pada gelaran Asian Games yang lalu, atlet peraih medali mendapat bonus yang besar dari pemerintah, uang tunai yang jumlahnya tidak sedikit, rumah, dan kesempatan menjadi PNS.

"Inilah bentuk penghargaan pemerintah terhadap jerih payah para atlet yang telah bekerja keras meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa. Pemerintah juga terus mambangun dan memperbanyak sarana dan prasarana olahraga. Besar harapan saya untuk melihat Jateng terus berprestasi di bidang olahraga, khususnya cabang gateball," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Tokopedia

Sumber : Antara