Tak Transparan, Tim Seleksi KPU di Jateng Digugat di PTUN Semarang

Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Semarang. (Antara)
21 September 2018 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Dua tim seleksi calon anggota komisi pemilihan umum (KPU) tingkat kabupaten dan kota di Jawa Tengah periode 2018-2023 digugat ke Pengadilan Tata Usaha Neara (PTUN) Semarang karena proses seleksi dianggap tidak transparan.

Kuasa hukum peserta seleksi anggota KPU periode 2018-2023, Teguh Purnomo, mengatakan panitia seleksi yang digugat masing-masing Tim Seleksi Jateng Daerah Pemilihan III dan IV. Tim Seleksi Jateng III meliputi Kota Solo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Klaten, sedangkan Jateng IV meliputi Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, Kabupaten Jepara, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora.

Para pendaftar yang tereliminasi ini, lanjut dia, memprotes keputusan tim seleksi bentukan KPU yang tidak independen, transpatan, dan akuntabel. "Para peserta seleksi ini merasa dicurangi dan dirugikan," kata Tegyh Purnomo di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (20/9/2018).

Ia menjelaskan dalam proses seleksi tersebut diduga terjadi kecurangan atas objektivitas penilaian terhadap seluruh peserta. Menurut dia, proses seleksi tersebut tidak sejalan dengan Peraturan KPU No. 25/2018.

Beberapa permasalahan yang mengemuka, lanjut dia, berkaitan dengan adanya dugaan "calon" titipan dalam proses seleksi tersebut. "Nanti akan kami buka dalam proses persidangan," katanya.

Dalam tuntutannya, para penggugat meminta PTUN Semarang membatalkan keputusan Tim Seleksi Jateng III dan IV dalam proses seleksi calon anggota KPU tingkat kabupaten dan kota periode 2018-2023. Khusus untuk penggugat Tim Seleksi Jateng IV, kata dia, PTNU diminta untuk membatalkan hasil seleksi khusus daerah Blora dan Grobogan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara