Posko Pemadaman Kebakaran Sumbing Ditutup

Panorama Gunung Sumbing dari wilayah Wonosobo. (Okezone.com/Istimewa)
23 September 2018 20:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, WONOSOBO — Api yang menghanguskan ratusan hektare hutan dan lahan di kawasan Gunung Sumbing Jawa Tengah dinyatakan padam. Posko pemantauan sekaligus pemadaman kebakaran pun ditutup.

Seluruh pasukan yang terlibat dalam pemadaman kebakaran itu pun dikembalikan ke satuan masing-masing. “Rencananya posko akan ditutup Senin 24 September 2018 sekitar pukul 16.00 WIB. Dengan begitu sekira 280 personel gabungan akan dikembalikan ke satuan masing-masing,” papar Kabag Ops Polres Wonosobo, Kompol Sutomo, Sabtu (22/9/2018).

Dia menjelaskan operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan itu berlangsung kurang lebih dua pekan. Selain itu, pemadaman manual dengan metode gepyokan alias memukul sumber api dengan kayu dan dedaunan basah juga dilakukan melalui udara yakni helikopter water bombing.

“Dari hasil evaluasi dan pengecekan di lapangan sudah dinyatakan aman, apalagi musim hujan sudah mulai datang. Hampir tiap sore di Wonosobo hujan, sehingga menambah keyakinan kami tidak ada titik api lagi dan api benar-benar sudah padam,” terangnya.

Sebelumya diberitakan, kebakaran melanda kawasan hutan di Gunung Sumbing dan Sindoro dengan luasan mencapai 892,5 ha. Rinciannya adalah untuk Gunung Sumbing mencapai 506,9 ha, sedangkan Gunung Sindoro yakni 385,6 ha.

Sementara itu, terkait kerugian material, diperkirakan menembus angka Rp133.860.000. Untuk perincian kerugian masing-masing adalah Rp76.035.000 di Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro mencapai Rp57.825.000.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Okezone.com