Stunting Dilawan Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Antara/Sumarwoto)
24 September 2018 04:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama jajarannya mengupayakan agar provinsi dengan ibu kota Semarang ini bebas dari stunting atau kegagalan tumbuh kembang anak akibat kekurangan gizi. Stunting itu di Jateng diilawan dengan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng.

"Jateng akan mengupayakan agar provinsi ini bebas dari kasus stunting sehingga upaya dari program pemerintah melakukan Kampanye Nasional Pencegahan Stunting bisa berhasil di Jateng," kata Ganjar di Kota Semarang, Jateng, Selasa (18/9/2018).

Hal tersebut menjadi komitmen Gubernur Ganjar terkait dengan masih adanya temuan stunting di beberapa daerah di Jateng. Mantan anggota DPR itu mengaku sudah memerintahkan Dinas Kesehatan di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk melakukan penanganan sekaligus pencegahan dini munculnya stunting.

Pencegahan stunting, kata dia, membutuhkan kerja sama semua pihak, tidak hanya dari pemerintah saja, apalagi stunting dialami oleh semua lapisan masyarakat. "Masa zaman gini masih bicara stunting, kita akan dorong dan kita bantu setiap daerah di Jateng. Memang beberapa daerah di Jateng masih ada stunting, makanya semua mesti dicek," ujarnya.

Ganjar menjelaskan, pada periode awal kepemimpinannya sudah ada program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng yang awalnya ditujukan untuk mengurangi angka kematian ibu hamil dan melahirkan, serta kematian bayi. Menurut dia, program tersebut bisa diarahkan untuk pencegahan stunting sebagai deteksi dini.

"Konsep Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng itu sebenarnya bagian tidak hanya menyelamatkan ibu yang hamil, tapi bayi dalam kandungan yang dicermati sejak awal," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara