Andalkan Potensi Lokal, Festival Karimunjawa Targetkan 5.000 Wisman

Kabid Pemasaran Pariwisata Disporapar Jateng, Alamsyah, memaparkan acara Festival Karimunjawa 2018 di Banaran Cafe, Kota Semarang, Selasa (25/9 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
26 September 2018 12:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sederet atraksi seni dan budaya khas Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng). bakal tersaji dalam Festival Karimunjawa 2018. Event yang digelar selama lima hari, mulai Selasa-Minggu (25-30/9/2018) di Kepulauan Karimunjawa itu ditarget mampu menarik kunjungan sekitar 5.000 wisatawan mancanegara (wisman).

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Disporapar Jateng, Alamsyah, mengatakan selama ini kunjungan wisatawan di Karimunjawa cukup tinggi. Bahkan berdasar data yang dimiliki Disporapar, Karimunjawa menempati urutan kedua dalam daftar daya tarik wisata alam yang paling diminati di Jateng setelah Dataran Tinggi Dieng.

“Dari total keseluruhan wisman yang berkunjung ke Jateng, sekitar 24,15% di antaranya menjadikan Karimunjawa sebagai destinasi utama. Makanya, untuk menambah minat wisatawan, khususnya mancanegara, kami gelar Festival Karimunjawa,” ujar Alamsyah kepada wartawan di Banaran Cafe, Kota Semarang, Selasa siang.

Alamsyah berharap event Festival Karimunjawa 2018 mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Ia pun menargetkan event tersebut mampu menarik kunjungan 15.000 wisatawan, di mana 33% di antaranya atau sekitar 5.000 orang merupakan wisman.

Alamsyah optimistis target tersebut bisa tercapai. Apalagi sebelum Festival Karimunjawa 2018 digelar, sudah banyak event budaya yang meramaikan pariwisata di kepulauan yang kerap disebut sebagai Paradise of Java tersebut. Event-event itu antara lain Haul Sunan Nyamplungan maupun Festival Rakyat Barikan Qubro.

“Dengan banyaknya event ini, kami harap wisatawan jadi betah tinggal di Karimunjawa. Selama ini kan dari kunjungan wisatawan, Karimunjawa cukup tinggi, tapi dari masa tinggal masih kurang,” terang Alamsyah.

Selama Festival Karimunjawa 2018 digelar, wisatawan bisa menikmati berbagai pertunjukan seni, seperti wayang kulit semalam suntuk yang digelar di Alun-Alun Karimunjawa, pameran produk unggulan dan festival kuliner, lomba perahu hias, kesenian tari bunga jabe, lomba memancing, hingga lomba fotografi dan blogger.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya