Taj Yasin Tegaskan Program Ekonomi Berbasis Pesantren

Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen menghadiri syawalan akbar dan doa bersama Forum Silaturahmi Masyarakat Magelang. (Antara/Heru Suyitno)
27 September 2018 05:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah segera melaksanakan program ekonomi berbasis pondok pesantren sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Janji itu kembali diulang Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin di Kota Semarang, Rabu (26/9/2018).

"Saat ini sedang dilakukan pendataan terlebih dulu. Kami melihat pondok pesantrennya dulu apa yang mau dikembangkan. Ada yang mau mengembangkan di bidang perpustakaan, agribisnis, peternakan, dan sebagainya, nanti pada 2019 kita akan berikan pendampingan kepada pondok pesantren yang ada di Jateng," kata Taj Yasin.

Mantan anggota DPRD Jateng itu berharap program tersebut tidak hanya mendorong pondok pesantren makin mandiri, namun juga makin menyejahterakan masyarakat sekitarnya. "Pondok pesantren sebenarnya mereka sudah ada gambaran mengembangkan ekonomi, tapi manajemennya memang perlu kita dampingi. Kedepan harapan Pemprov Jateng, pesantren bisa mandiri dan membantu masyarakat yang ada di sekelilingnya," ujarnya.

Yasin menjelaskan bahwa tujuan lain dari ekonomi berbasis pondok pesantren itu adalah melatih santri mandiri sebagai wirausaha, selain piawai dalam bidang keagamaan. Ia menambahkan bahwa pendidikan dan ekonomi pondok pesantren menjadi salah satu prioritas yang akan dikerjakan bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Menurut Yasin kemiskinan dapat ditekan melalui pendidikan dan pengetahuan, terlebih bila ditopang dengan nilai-nilai keagamaan. "Pengetahuan itu bisa lebih baik jika pengetahuan itu kita topang dengan akhlakul karimah, dengan mengedepankan nilai-nilai keagamaan kita," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara