Terpikat Curug Sigandulan, Ganjar Susun RPJMD Pemeliharaan Air

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat menghadiri acara Merti Kali Tahun di Curug Sigandulan, Kabupaten Magelang, Kamis (27/9 - 2018). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)
28 September 2018 10:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Keindahan dan jernihnya air terjun Curug Sigandulan, Kabupaten Magelang, rupanya telah memikat hati Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo. Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng itu pun mengaku siap mensahkan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tentang pemeliharaan air demi menjaga kelestarian lingkungan, termasuk sungai.

Hal itu disampaikan Ganjar saat menengok keindahan Curug Sigandulan, kala menghadiri acara Merti Kali, Kamis (27/9/2018).

“Politik air harus kita lakukan. Gerakan ini harus kita tularkan pada yang lain. Kita bekerja bersama untuk merawat alam beserta airnya,” ujar Ganjar dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Jateng, Kamis.

Untuk menyaksikan panorama alam Curug Sigandulan, Ganjar harus melalui medan yang terjal. Politikus PDIP itu harus naik sepeda motor sejauh 2 km dari Dusun Gadingan, Desa Sukorejo, Kecamatan Kajoran.

Sepanjang perjalanan dengan sepeda motor, ia disuguhi jalan setapak berdebu yang berada di pinggir jurang.

Setelah menaiki sepeda motor, Ganjar masih harus berjalan kaki menuruni bukit yang curam. Setelah 30 menit berjalan kaki, alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu baru sampai di air terjun yang jarang dikunjungi wisatawan tersebut.

Melihat jernihnya air terjun Curug Sigandulan, Ganjar langsung menelungkupkan tangan di bawah pancuran. Sesaat kemudian, ia meneguk air Curug Sigandulan dan membasuh mukanya.

"Sebuah kemewahan yang luar biasa, bisa meraup dan minum air di sini. Kita tidak akan menemukan seperti ini di kota," kata Ganjar.

Sementara itu, Ketua Komunitas Kali Tangsi Lestari, Heri, mengatakan jika ada sungai maka harus mengalir airnya. Karena itu merupakan pertanda dari kepedulian manusia menjaga alam, terutama terhadap air.

"Kali kudu mili. Merti kali bareng gubernur, banyune mili rakyate makmur," katanya.

Heri mengatakan Curug Sigandulan selama ini memberi banyak manfaat bagi masyarakat Kabupaten Magelang. Air Curug Sigandulan dikelola PDAM setempat serta koperasi masyarakat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya