Suporter Persis Solo ke Batang, Polrestabes Semarang Siaga I

Ilustrasi kisruh suporter. (Solopos.com)
28 September 2018 06:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang menerapkan status siaga satu untuk mengamankan jalur yang akan dilalui ribuan suporter Persis Solo, Sabtu (29/9/2018). Suporter asal Solo bakal melintasi Semarang guna mendukung tim Persis Solo yang berlaga melawan Persibat Batang pada lanjutan Liga 2 di Stadion Moch. Sarengat, Sabtu sore.

Pengamanan dilakukan Polrestabes Semarang guna mengantisipasi kericuhan antarsuporter di jalur yang dilintasi suporter asal Solo. “Saya terjunkan 100 anggota Brimob dan 100 anggota Sabhara, serta personel dari tiap polsek untuk bersiaga,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Operasional (Ops) Polrestabes Semarang, AKBP Iga D.P. Nugraha, kepada wartawan di Mapolrestabes Semarang, Kamis (27/9/2018).

Iga menambahkan pengamanan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya gesekan suporter asal Solo dengan warga Semarang saat melakukan perjalanan. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, suporter asal Solo sempat terlibat bentrok dengan warga Semarang saat melakoni lawatan ke Kendal, beberapa waktu lalu. Saat itu, keributan terjadi di daerah Mangkang dan Jatingaleh.

“Informasi yang kami terima, suporter Solo mendapat jatah 1.000 tiket. Saya yakin mereka pasti datang, makanya kami siapkan pengamanan serta simulasi pengalihan arus,” imbuh Iga.

Iga menambahkan suporter Solo rencana juga mendapat pengawalan dari aparat Polresta Solo selama melakoni perjalanan ke Batang. Meski demikian, pihaknya tetap akan menyiagakan personel di tiap polsek yang dilalui suporter tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu. “Untuk yang berangkat dengan kendaraan roda empat akan langsung kami lewatkan di jalan tol dan keluar Krapyak. Sedangkan yang naik sepeda motor akan kami lewatkan Gunungpati dan Kendal,” terang Iga.

Sementara itu disinggung titik rawan kericuhan suporter dengan warga, Iga memperkirakan ada di wilayah Ngaliyan dan Gunungpati.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya