UKM Jateng Disiapkan Tembus Pasar Afrika

Pelaku UKM dan IKM bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah mendapat kesempatan berkunjung ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Semarang, Rabu (19/9 - 2018) (Antara/Humas Bea Cukai)
28 September 2018 01:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Usaha kecil dan menengah (UKM) dan Industri kecil dan menengah (IKM) Jawa Tengah siap menembus pasar Afrika. Sebagai langkah awal, para ekportir produk UKM dan IKM belajar mengenai tata laksana kepabeanan di bidang ekspor di Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Para calon eksportir produk UKM dan IKM, Rabu (19/9/2018), datang berkunjung ke Kantor Bea Cukai Tanjung Emas dengan difasilitasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah. Kunjungan tersebut bagian dari upaya meningkatkan pemahaman dan wawasan para eksportir karena sebagian besar dari mereka belum pernah melakukan ekspor.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Subseksi Hanggar Pabean Cukai XVI Dony Kristiawan menjelaskan mengenai tata laksana kepabeanan di bidang ekspor. Selain itu, Dony Kristiawan juga menjelaskan mengenai tata cara registrasi akses kepabeanan menggunakan Nomor Induk Berusaha (NIB).

"NIB merupakan identitas pelaku usaha dalam melakukan kegiatan berusaha, jadi semua pelaku usaha wajib mendaftar NIB secara online melalui sistem OSS," demikian Dony.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara