Proyek Percontohan Perumahan bagi Masyarakat Kurang Mampu BTN Dipuji

Ilustrasi pembangunan perumahan rakyat. (Bisnis/Nurul Hidayat)
28 September 2018 21:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi proyek percontohan perumahan bagi masyarakat kurang mampu dan berpenghasilan tidak tetap yang digagas oleh Bank Tabungan Negara.

"BTN ini core bussiness-nya adalah ke perumahan dan ada program perumahan untuk komunitas miskin yang pendapatannya tidak tetap. Ini saya terima kasih sekali," katanya di Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/9/2018).

Ganjar mengungkapkan di Provinsi Jateng masih ada sekitar 1,6 juta unit rumah tidak layak huni (RTLH). “Program perumahan bagi masyarakat kurang mampu dari BTN ini diharapkan bisa membantu rehabilitasi maupun renovasi RTLH," ujarnya.

Menurut Ganjar, dari program ini masyarakat yang membutuhkan akan mendapatkan manfaatnya terkait dengan hak perumahan dengan pola bisnis, tidak hanya pola hibah dan tidak hanya pola bansos. Mantan anggota DPR itu juga berharap pembangunan perumahan di Jateng ke depan tidak lagi berbasis landed houses, melainkan naik ke atas.

Dengan demikian, lanjut Ganjar, lahan untuk perumahan yang semakin sempit bisa dimanfaatkan secara optimal agar nantinya semakin banyak masyarakat bisa mendapatkan rumah yang layak huni.

Direktur Utama BTN Maryono menambahkan program perumahan bagi masyarakat kurang mampu ini merupakan bentuk komitmen BTN dalam melaksanakan program 1 juta unit rumah yang dicanangkan pemerintah pusat. "Program ini merupakan kolaborasi dengan akademisi, pengembang, komunitas masyarakat, dan pemerintah daerah dalam memberikan perumahan bagi masyarakat miskin yang berpenghasilan tidak tetap," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara