Ganesa Diamankan Disparbud Wonosobo dari Dieng

Warga berfoto dengan arca Ganesa yang ditemukan di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng. (Antara/Dok. Disparbud Wonosobo)
29 September 2018 06:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, WONOSOBO — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo mengamankan arca Ganesa yang ditemuan di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Disparbud Wonosobo, Kristiana Dewi mengatakan arca Ganesa tersebut ditemukan pekerja saat melakukan penataan Tuk Bima Lukar yang merupakan sumber mata air di hulu Sungai Serayu. "Arca Ganesa dengan ukuran tinggi kurang dari satu meter tersebut, saat ini kami amankan di kantor Disparbud Kabupaten Wonosobo untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya di Wonosobo, Jumat (28/9/2018).

Ia mengatakan pada 14 September 2018 penyedia jasa pekerjaan Taman Tuk Bimo Lukar pada saat tahap persiapan pekerjaan menemukan Arca Ganesha pada kedalaman beberapa meter dari permukaan tanah. "Kemudian pada 15 September 2018 arca tersebut diserahkan ke Disparbud Kabupaten Wonosobo dan sampai saat ini masih kami amankan di kantor karena kami belum memiliki museum," katanya.

Ia menuturkan kondisi arca bagian hidung atau belalai tidak utuh atau rusak, diduga terkena alat berat yang digunakan untuk melakukan penggalian. Ia mengatakan tindakan yang dilakukan terhadap temuan tersebut, Disparbud Wonosobo kemudian menerjunkan tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Wonosobo untuk melakukan pendataan.

"Setiap temuan memang kami data dan kemudian nanti akan kami laporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya [BPCB] Jawa Tengah dan juga Balai Arkeologi Yogyakarta untuk melakukan penelitian dan pengkajian lebih lanjut," katanya. Ia menyampaikan acra ganesha tersebut diduga merupakan peninggalan zaman Mataram Hindu, namun untuk lebih jelasnya nanti menunggu penelitian dan kajian dari BPCB maupun Balai Arkeologi Yogyakarta.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara