Jateng Gelar Gebyar Upsus Siwab di Hutan Rajawali

Bupati Batang Wihaji membuka kegiatan Gebyar Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) yang dilaksanakan di kawasan Hutan Rajawali Batang, Jateng. (Antara/Kutnadi)
29 September 2018 14:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar kegiatan Gebyar Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) di kawasan Hutan Rajawali, Kabupaten Batang, Jateng, Jumat (28/9/2018).

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng Agus Wariyanto mengatakan berdasarkan data laporan pelaksanaan program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) mengalami kemajuan. Pada 2017 sektor peternakan Jateng mampu melampaui target 100%.

"Pada sektor peternakan Jawa Tengah mampu merealisasikan 658.179 ekor akseptor sapi atau sebesar 127,81% dari target 514.984 ekor akseptor sapi. Melalui prestasi itu, Jateng berhasil memperoleh peringkat 1 nasional untuk pelaksanaan program upsus siwab," katanya di Batang.

Ia mengatakan saat ini Jateng juga menempati urutan pertama tingkat nasional pada jumlah populasi kambing sebanyak 4.066.654 ekor (22,79%) dan ayam buras 41.976.727 ekor (14,27%). Adapun, untuk populasi sapi potong, sapi perah, dan domba, kata dia, Jateng menempati urutan ke-2 tingkat nasional, yaitu masing-masing sebanyak 1,674 juta ekor (10,46%) untuk sapi potong, 137.000 ekor (25,72%) sapi perah, dan 2,340 juta ekor (14,9%) domba.

"Sektor peternakan kita mengalami kemajuan yang menggembirakan dengan berbagai keberhasilan itu artinya potensi sektor peternakan sangat besar," katanya. Menurut dia, Jateng menjadi salah satu provinsi prioritas program ini sehingga momentum untuk meningkatkan populasi sapi dan kerbau terus ditingkatkan sekaligus sebagai upaya mendukung kedaulatan pangan nasional.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita mengatakan pemerintah ingin mendorong semua peternakan dengan potensi keanekaragaman ternak di Indonesia. Oleh karena. kata dia, melalui kegiatan gelar kontes dan Upsus Siwab ini juga diharapkan mampu meningkatkan populasi ternak dan keanekaragaman ternak.

“Potensi di Jateng sangat besar harus didorong agar semakin maju, selain itu juga kami ingin mendorong keanekaragaman ternak di Indonesia untuk lebih dikembangkan," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara