Jateng Kirim 60 Personel ke Palu

Tim SAR menyelamatkan warga yang tertimbun reruntuhan di Perumnas Bala Roa, Palu, Minggu (30/9 - 2018). (Antara/Darwin Fatir)
02 Oktober 2018 08:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah (Jateng) segera mengirimkan 60 orang ke Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Ke-60 personel yang berasal dari BPBD, PMI, dinas sosial, dan unsur lainnya itu akan membantu pemulihan pascabencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Kabupaten Donggala.

Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana, mengatakan 60 personel sukarelawan bencana dari Jateng itu akan berangkat menggunakan kapal, Sabtu (6/10/2018). Mereka rencana akan singgah terlebih dulu di Surabaya, Minggu (7/10/2018), sebelum kembali melakukan perjalanan ke Palu.

“Bersama tenaga bantuan itu, kami juga akan membawa perlengkapan logistik lain, seperti obat-obatan, makanan, pakaian, dan lain-lain,” ujar Sarwa dikutip siaran pers Humas Pemprov Jateng, Senin (1/10/2018).

Sarwa mengatakan pemberangkatan tenaga dan bantuan untuk korban gempa bumi dilakukan melalui jalur laut karena transportasi udara di Palu masih lumpuh. “Rencana nanti kami akan buka dapur umum di sana, bawa truk tangki, logistik juga. Mungkin rencana awal sepekan di sana, tergantung situasi,” imbuh Sarwa.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan jajaran Pemprov Jateng telah melakukan koordinasi untuk pengiriman bantuan dan sukarelawan bencana di Palu. Saat ini, pihaknya juga telah menyiapkan peralatan yang akan dibawa ke sana termasuk paket-paket bantuan.

“Ini inisiatif saja. Dari BPBD, PMI, dinsos semua sudah terbiasa, kalau [situasi] seperti ini mereka langsung rapat. Maka tadi dilaporkan ke saya, hari ini mereka bicara semoga sudah ada hasil. Kalau memungkinkan akan kirim lagi seperti di Lombok,” ujar Ganjar.

Ganjar menambahkan pihaknya juga telah mengoordinasi para ASN di Pemprov Jateng untuk mengumpulkan donasi. “Kalau sudah terkumpul semua, sambil kita assessment, sambil komunikasi dengan sana bisa baik. Kebutuhannya apa kita kirimkan. Saya sendiri akan ke sana mengirim ini bersama sukarelawan,” imbuh Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya