Jangan Lewatkan! Pameran Alutsista di Semarang, Ada Heli Apache dan Rudal Inggris

Helikopter Apache milik TNI AD tengah dipersiapkan untuk Pameran Alutsista di Lanumad Ahmad Yani, Kota Semarang, Jumat-Minggu (5-7/10 - 2018). (Istimewa/Pendam Diponegoro)
04 Oktober 2018 18:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI dan HUT ke-68 Kodam IV Diponegoro di Kota Semarang, Jumat (5/10/2018) dipastikan berlangsung meriah. Hal ini tak terlepas dengan turut digelarnya Pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) di Lapangan Udara Militer TNI AD (Lanumad) Ahmad Yani atau yang lebih dikenal sebagai terminal lama Bandara Ahmad Yani, mulai Jumat-Minggu (7/10/2018).

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IV Diponegoro, Kolonel Arh. Zainudin, mengatakan Pameran Alutsista bertemakan Mengabdi untuk Bangsa itu merupakan rangkaian acara peringatan HUT TNI dan HUT Kodam IV Diponegoro. Ada puluhan peralatan pertahanan milik TNI yang dipamerkan, mulai dari rudal Starstrex hingga helikopter Apache.

Panser Anoa milik TNI AD yang akan ditampilkan dalam peringatan HUT TNI dan Pameran Alutsista di Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Jumat-Minggu (5-7/10/2018)

“Total ada 59 peralatan pertahanan yang kami pamerkan dalam acara ini. Kami ingin tunjukkan ke masyarakat, ini lo peralatan militer yang kami punya untuk menjaga kedaulatan NKRI. Semua peralatan itu dibeli dari uang rakyat dan milik rakyat. Silakan datang dan menyaksikan,” ujar Zainudin kepada Semarangpos.com, Kamis (4/10/2018).

Rudal Starstrex merupakan rudal buatan Inggris yang dibeli Indonesia pada 2015 lalu sebagai sistem pertahanan udara. Sedangkan, helikopter Apache merupakan helikopter tempur yang didatangkan Indonesia dari Amerika Serikat, pertengahan Mei 2018.

Zainudin berharap dengan ditampilkannya peralatan militer yang canggih milik TNI AD itu mampu menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung. Pihaknya pun tidak akan memasang tarif sepeser pun bagi warga yang ingin berkunjung ke pameran tersebut.

“Kami berharap pameran ini bisa menarik minat pengunjung sebanyak-banyaknya. Ada berbagai atraksi yang kami tampilkan di pameran nanti. Pengunjung bisa menyaksikannya, kalau tidak minimal bisa berswafoto dengan peralatan militer yang canggih,” imbuh Kapendam.

Selama pameran, lanjut Zainudin juga akan digelar berbagai acara untuk memeriahkan HUT TNI dan HUT Kodam IV Diponegoro. Acara tersebut antara lain, seperti pengajian dengan penceramah Habib Lutfi, dan juga pertunjukan musik.

“Untuk acara pengajian Habib Lutfi akan digelar Jumat malam. Rencana Kapolri [Jenderal Pol. Tito Karnavian] dan Panglima TNI [Marsekal TNI Hadi Tjahjanto] hadir dalam acara itu,” terang Zainudin.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya