Pesilat Jateng Desak Polri Tindak Hoax Ratna Sarumpaet

Para pesilat dari Forum Jawara menggelar aksi simpatik menentang hoaks pada Pemilu 2019 di bundaran patung kuda Jl. Pahlawan, Kota Semarang, Kamis (4/10 - 2018). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)
04 Oktober 2018 20:50 WIB Imam Yuda Saputra Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Sejumlah pesilat Jawa Tengah (Jateng) yang mengatasnamakan Forum Jawara mendukung upaya kepolisian menindak tegas pelaku penyebar hoax pada Pemilu 2019. Dukungan itu ditunjukan Forum Jawara melalui aksi simpatik di Kota Semarang, Kamis (4/10/2018).

Aksi para pesilat itu diawali dengan berjalan kaki atau longmarch dari kawasan Simpang Lima menuju bundaran patung kuda Jalan Pahlawan. Para pesilat ini datang dari berbagai organisasi masyarakat serta perguruan seperti Pagar Nusa, Ganaspati, dan lain-lain.

Ketua Forum Jawara, M. Busro, mengatakan aksi mereka dilatarbelakangi keprihatinan maraknya peredaran hoax dan ujaran kebencian, terutama di media sosial (medsos) pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

“Kami selaku generasi muda dan para pendekar di Jawa Tengah mendukung penuh aparat kepolisian untuk mengusut perusuh dan penyebar hoax. Mereka harus ditindak tegas karena bisa memecah persatuan bangsa,” ujar Busro saat dijumpai wartawan di sela aksi di bundaran patung kuda Jl. Pahlawan, Kamis.

Busro menyebutkan salah satu hoax yang beredar baru-baru ini adalah kabar kebohongan penganiayaan aktivis Ratna Sarumpaet. Kabar ini kemudian disebarkan para elit politik hingga menimbulkan kegelisahan di tengah masyarakat.

Pihaknya menilai apa yang dilakukan Ratna Sarumpaet merupakan hoax. Ia pun mengecam tindakan Ratna Sarumpaet karena telah menciptakan hoax yang luar biasa.

“Kami mendukung TNI dan Polri agar penebar kebencian ini diproses hukum secara tegas dan adil, tanpa intervensi dari pihak mana pun,” imbuh Busro.

Aksi para pesilat dari Forum Jawara ini pun diakhiri dengan pernyataan sikap yang terdiri dari lima butir, yakni mendukung Polri menyukseskan Pemilu 2019 yang bermartabat; siap membantu Polri memberantas perusuh, penyebar hoax, dan penyebar ujaran kebencian; menjaga situasi yang aman saat kampanye, pemungutan suara, dan pasca-pemilihan; serta mencegah isu SARA dan diskriminasi sosial.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya