Serangan Jantung Usia Muda Makin Kerap, Apa Solusinya?

Ilustrasi orang terkena serangan jantung. (Pictagram)
07 Oktober 2018 08:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG —  Ancaman serangan penyakit jantung terhadap seseorang berusia muda semakin kerap terjadi. Karena itulah, pengecekan kondisi kesehatan disarankan sudah mulai dilakukan mulai usia 30 tahun.

"Saya memiliki pasien yang masih berusia 27 tahun yang sudah mengalami serangan jantung," kata Kardiolog Sunway Medical Centre (Sunmed) Malaysia, Mohd Kamal mengungkapkan kenyataan itu saat menjadi pembicara dalam seminar kesehatan di Kota Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (6/10/2018).

Secara umum, lanjut dia, risiko ancaman penyakit jantung untuk penduduk Malaysia berada pada usia 58 tahun. Untuk Amerika Serikat, lanjut dia, ancaman serangan jantung terjadi pada usia 66 tahun.

Ia menyebut banyak faktor yang memicu terjadinya serangan jantung, antara lain gaya hidup serta faktor asupan makanan. Kamal menilai kebiasaan merokok juga menjadj salah satu pemicu utama terjadinya serangan jantung.

Oleh karena itu, ia menyarankan masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat. Menurut dia, salah satu yang pentjng dalam mengantisipasi penyakit jantung, yakni cek kesehatan sejak dini.

"Pola hidup sehat, olahraha, cek kolesterol, cek darah tinggi," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara