Inovasi Layanan Medis Bikin Pertamina Jateng-DIY Catatkan 3 Rekor Muri

Ilustrasi pekerja Pertamina menjalan tugas. (Bisnis/Nurul Hidayat)
09 Oktober 2018 02:50 WIB Lucky Leonard Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV Area Jateng dan DIY mencatatkan tiga rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) sekaligus atas inovasinya dalam memberikan layanan kesehatan bagi pekerja di lingkungan Pertamina Jateng-DIY itu.

Rekor Muri tersebut diberikan bersamaan dengan kegiatan Healthy Talk yang diselenggarakan oleh fungsi medical Pertamina MOR IV di Kantor Cabang Yogyakarta, , Jumat (5/10/2018). Salah satu rekor Muri yang diperoleh adalah Pemrakarsa & Penyelenggara Pemeriksaan Narkoba Melalui Urine Pekerja Terbanyak.

Pada Agustus 2018, Pertamina MOR IV berhasil melaksanakan pemeriksaan kepada 1.365 orang awak mobil tangki Pertamina. Kegiatan pemeriksaan tersebut dilaksanakan di lima TBBM di wilayah MOR IV dan merupakan hasil kerja sama Pertamina dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Dua Inovasi lain yang diganjar penghargaan oleh Muri adalah inovasi dalam menerapkan pelayanan aplikasi digital terkait pemeriksaan kesehatan bagi pekerja, yaitu My Doctor Pertamina dan Fit To Work Online. Aplikasi tersebut dinilai sebagai pelopor dari digitalisasi layanan kesehatan tenaga kerja di Indonesia.

Dengan tagline "Bring Doctor In Your Hand", aplikasi My Doctor Pertamina tersebut merupakan mobile application berbasis Android pertama yang hadir di Indonesia. Aplikasi tersebut merupakan fasilitas yang diberikan perusahaan bagi pekerjanya untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada seluruh pekerja Pertamina khususnya MOR IV.

Fitur utama aplikasi ini adalah online consultation dengan dokter perusahaan dan emergency service. Selain itu, terdapat pula beberapa fitur tambahan seperti informasi kesehatan, kalkulator untuk memprediksi kemungkinan penyakit kardiovaskuler, kalkulator BMI, kalkulator diet harian, serta fitur relaksasi yang berisi humor-humor ringan untuk melepas stres.

Pertamina juga menyediakan aplikasi berbasis web, yaitu aplikasi Fit To Work Online yang diciptakan untuk memudahkan pekerja mengetahui status kebugarannya sebelum melakukan pekerjaannya di hari tersebut.  Selain itu, aplikasi ini akan melaporkan hasil pemeriksaan Fit To Work yang terhubung dengan seluruh dokter dan tenaga pemeriksa di seluruh lokasi operasional MOR IV Jateng-DIY.

General Manager Pertamina MOR IV Yanuar Budi Hartanto menjelaskan tantangan bagi perusahaan besar adalah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin pekerja secara berkala. "Dinamika dan kesibukan pekerja terutama yang di lapangan, membuat mereka sulit meluangkan waktu untuk bertemu dokter di poliklinik. Oleh sebab itu, penyediaan aplikasi My Doctor Pertamina dan Fit To Work Online ini menjadi inovasi kami bagi pekerja," katanya melalui keterangan resmi yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI).

Sari Kusumaninggar, Section Head Medical MOR IV, mengatakan rekor ini menjadi tolok ukur keberhasilan tim medical Pertamina untuk berinovasi dalam peningkatan layanan kepada pekerjanya. "Kami menyadari bahwa pekerja kami adalah salah satu stakeholder perusahaan dan kesehatan pekerja menjadi perhatian utama Pertamina agar pekerja tetap fit dan prima dalam bekerja," tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Bisnis