The Taste of Java Jadi Tagline Baru Kudus

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Sri Wahjuningsih menunjukkan kaus yang dilengkapi logo branding baru Kudus. (Antara/Disbudpar Kudus)
09 Oktober 2018 11:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Kabupaten Kudus memilih The Taste of Java sebagai tagline anyar Kota Kretek. Slogan yang dicantumkan di logo yang mengusung menara Kudus dan kupu-kupu diandalkan untuk mempromosikan berbagai potensi daerah itu.

"Hasil perlombaan sebelumnya, pemenangnya memang mengusung slogan Kudus menawan. Padahal ‘menawanmerupakan nama salah satu desa di Kudus, sehingga tidak baik jika hanya satu daerah yang terkesan dipromosikan," terang Bupati Kudus Muhammad Tamzil terkait pilihan tagline anyar di logo kotanya itu, Senin (8/10/2018).

Oleh karena itu, terang dia, diusulkan frasa The Taste of Java atau Rasa Jawa sebagai pelengkap logo anyar hasil sayembara tersebut. Ia berharap slogan dan logo baru tersebut bisa berdampak ekonomi bagi Kabupaten Kudus, karena setiap melakukan promosi di berbagai media, slogan dan logo akan selalu ditampilkan sebagai branding Kudus.

Logo dan slogan baru tersebut, katanya, bisa diperkuat dengan payung hukum, berupa peraturan bupati. Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Rahma Hariyanti menambahkan bahwa hasil lomba logo branding pesona wisata di Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu memang bukan harga mati.

"Ketika pemkab menginginkan ada perubahan untuk disesuaikan tentunya bisa dilakukan," ujarnya.

Untuk itulah, kata dia, karena sebelumnya Pemkab Kudus juga pernah mengusung slogan The Taste of Java kini kembali dimunculkan untuk dikombinasikan dengan logo branding hasil perlombaan. Logo branding hasil perlombaan sebelumnya, lanjut dia, hanya tulisan "Kudus" dipadu dengan gambar kupu-kupu berwarna-warni, sedangkan logo terbaru tetap ada tulisan "Kudus" yang dipadu dengan gambar menara Kudus dan kupu-kupu.

Konsep logo tersebut didesain secara simpel, berkarakter, mudah diingat, modern serta tidak meninggalkan ciri khas Kudus sebagai kota religi dan kota wisata.  Sementara slogannya sendiri menggambarkan pariwisata Kota Kudus dengan banyak objek wisata alam religi, budaya, kuliner, serta beberapa industri yang berkelas dunia.

The Taste of Java memiliki arti bahwa Kudus sebagai bagian dari wilayah jawa yang sangat kental akan nuansa Jawa, yakni nuansa religius dan budaya. Ditetapkannya logo dan slogan baru untuk Kota Kudus tersebut, maka setiap ada kegiatan formal yang digelar oleh Pemkab Kudus akan mengusung logo dan slogan baru tersebut.

Bahkan, imbuh Rahma, lomba lari maraton yang hendak digelar di Kabupaten Kudus juga bakal mengusung logo dan slogan baru Kota Kudus tersebut. Ia berharap semua pihak turut dalam mempromosikan berbagai potensi di Kabupaten Kudus untuk menyematkan logo branding baru tersebut.

Aneka produk khas Kudus ataupun cindera mata, katanya, patut memasang branding Kudus yang baru tersebut. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber : Antara