Bus KPK 4 Hari Keliling Semarang, Ini Tujuannya...

Ilustrasi pelajar bermain game antikorupsi saat Roadshow Bus KPK. (Antara/Harviyan Perdana Putra)
11 Oktober 2018 09:50 WIB Newswire Semarang Share :

Semarangpos.com, SEMARANG — Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan berkeliling Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis-Minggu (11-14/10/2018). Kegiatan itu merupakan bagian dari program kampanye antikorupsi yang didorong KPK.

"Ini merupakan kerja sama KPK dengan Pemerintah Kota Semarang," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Pemkot Semarang Wing Wiyarso di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/10/2018).

Menurut dia, kampanye tersebut akan diisi dengan roadshow bus KPK dengan target sasaran masyarakat umum, baik pelajar, guru, mahasiswa, dosen, komunitas, dan masyarakat umum. KPK dalam kampanye tersebut mengajak masyarakat terlibat dalam gerakan pemberantasan korupsi dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi publik untuk membantu pemerintah.

"Bus KPK ini akan berkeliling di sejumlah titik, seperti Kantor Pemkot Semarang, kampus Universitas Diponegoro Semarang, dan area car free day [CFD[ di Simpang Lima Semarang," katanya.

Rencananya, terang dia, program kampanye tersebut akan dibuka oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi didampingi pimpinan KPK di halaman Balai Kota Semarang, Kamis (11/10/2018). Pada hari yang sama, lanjut dia, digelar roadshow berbentuk studium generale di kampus Undip bagi mahasiswa yang ingin menambah ilmu pengetahuan tentang KPK beserta seluk beluknya.

"Pada hari kedua dan ketiga, roadshow digelar di Kantor Pemkot Semarang. Nanti, ada kegiatan bagi siswa TK, seperti mendongeng antikorupsi, playday boardgames antikorupsi, dan sebagainya," katanya.

Untuk siswa SD, kata dia, digelar pula kegiatan serupa, termasuk nonton bareng film Sahabat Pemberani dan simulasi penyidik cilik, kemudian untuk siswa SMP dan SMA juga sama. Pada hari terakhir, yakni Minggu (14/10/2018), Wing menambahkan digelar roadshow di arena CFD Simpang Lima Semarang yang akan diisi berbagai games, playday boardgame, dan pembagian suvenir.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Semarang untuk bergabung dan menyaksikan acara ini. Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan lebih paham mengenai peran KPK," katanya. Dengan demikian, simpul dia, semangat untuk bersama-sama mencegah dan memberantas korupsi akan terus tumbuh dalam diri seluruh lapisan masyarakat, khususnya Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Sumber : Antara